News and Article

Work From Anywhere: Solusi Kerja Fleksibel dan Produktif

Masa pandemi yang membatasi pergerakan masyarakat menyebabkan terbentuknya kebijakan bekerja dari rumah (work from home). Setelah pandemi mereda, tren cara bekerja baru seperti cara kerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA) mulai banyak diminati. Sistem kerja ini menghapus cara kerja lama di mana karyawan harus datang langsung ke kantor. Karyawan dibebaskan untuk memilih lokasi dan jadwal kerja sesuai preferensi. Fleksibilitas dan kenyamanan ini membuat WFA menjadi alternatif yang populer.

Sistem work from anywhere mungkin terlihat lebih menguntungkan dari sisi karyawan. Namun, perusahaan yang menerapkan sistem kerja ini juga dapat merasakan keuntungan signifikan. Artikel ini akan mengulas tentang apa itu work from anywhere, manfaat, hingga tips melaksanakan sistem kerja work from anywhere secara efektif.

Apa Itu Work from Anywhere  (WFA)?

Work from anywhere (WFA) artinya sebuah kebijakan kerja di mana karyawan dapat bekerja dari mana saja. Kebijakan WFA memudahkan karyawan dalam mengatur lokasi dan jadwal kerja. Dalam hal ini, karyawan dapat mengakses pekerjaan di berbagai daerah di Indonesia, bahkan di belahan dunia lain. 

Penerapan WFA berfokus pada bagaimana karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik tanpa harus dibatasi oleh lokasi. Tidak hanya itu, karyawan juga perlu memiliki alat yang memadai untuk menunjang pekerjaan mereka, seperti laptop atau komputer dan jaringan internet yang stabil. Perusahaan juga perlu memfasilitasi pekerjaan secara remote, seperti menyediakan platform komunikasi secara online atau membuat proses kerja menjadi berbasis online.

Apakah WFA dan WFH sama?

Baik WFA maupun WFH sama-sama merupakan bentuk kerja remote yang tidak terkekang oleh lokasi kantor. Namun, perbedaan keduanya terletak pada penentuan lokasi kerja. Pada WFA, karyawan dapat menentukan lokasi kerja di manapun. Jadi, karyawan dapat bekerja tidak hanya di rumah, tetapi juga kafe, restoran, working space, dan lokasi lain yang tidak terbatas pada satu daerah atau negara. Sementara WFH atau work from home membatasi karyawan untuk hanya bekerja di rumah saja. Maka dari itu, WFA memberikan lebih banyak kebebasan dibandingkan WFH.

Terlepas dari perbedaan tersebut, kedua kebijakan kerja ini sama-sama mengharuskan karyawan agar selalu terhubung dan berkomunikasi untuk memastikan kelancaran pekerjaan. Keduanya juga memberikan fleksibilitas dan kenyamanan yang serupa, seperti dengan menghindarkan karyawan dari keharusan untuk berkendara ke kantor serta jadwal yang dapat disesuaikan dengan keperluan pribadi. 

Manfaat Work From Anywhere (WFA) Bagi Bisnis

Sistem kerja work from anywhere yang dirancang dengan baik tidak hanya memberikan manfaat untuk karyawan, tetapi juga untuk bisnis yang menerapkan. Berikut ini adalah keuntungan dari penerapan WFA untuk perusahaan:

Menghemat Biaya

Perusahaan yang menerapkan sistem kerja di kantor atau work from office harus membayar berbagai biaya operasional, mulai dari biaya gedung, fasilitas, pajak, dan sebagainya. Dengan sistem kerja work from anywhere, perusahaan dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan ruang kantor. Biaya tersebut dapat diputar untuk hal-hal lainnya, seperti gaji karyawan, penyediaan software, hingga budget untuk campaign.

Meningkatkan Produktivitas

Kelelahan yang dirasakan karyawan dari perjalanan pulang pergi seringkali menghambat produktivitas. Hal tersebut belum termasuk faktor tidak terduga seperti kemacetan atau cuaca buruk. Sistem kerja WFA akan menghindarkan karyawan dari kesulitan tersebut. Dengan memilih lokasi kerja sendiri, karyawan dapat membangun produktivitas dengan baik hingga memberikan hasil kerja yang berkualitas.

Mendukung Kesejahteraan Karyawan

Sistem kerja WFA berperan besar dalam menciptakan keseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi. Tidak hanya itu,  WFA juga memberikan kebebasan untuk karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang ditetapkan. Aspek tersebut dapat mendukung kesejahteraan karyawan menjadi lebih baik. Hal ini juga akan berdampak pada produktivitas yang kian meningkat.

Mendorong Retensi Karyawan

Retensi karyawan yang tinggi merupakan bukti bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya dengan baik, baik dari segi keuntungan, fasilitas, maupun lingkungan kerja. Penerapan sistem WFA dapat mendorong retensi karyawan karena kebebasan untuk menyesuaikan jadwal kerja sesuai keinginan. Hal ini juga akan membentuk loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Merekrut Talenta Berkualitas

Tidak jarang talenta terbaik ditemukan di lokasi yang jauh dari perusahaan. Hal ini tentunya menghalangi perusahaan untuk mendapatkan talenta berkualitas. Sistem kerja WFA memperluas jangkauan perusahaan dalam mengumpulkan karyawan kompeten dari berbagai daerah untuk mengisi posisi di perusahaan Anda.

Kriteria Perusahaan yang Ideal untuk WFA

Perusahaan memiliki kriteria tertentu untuk memastikan penerapan WFA berlangsung optimal. Misalnya, perusahaan tersebut harus memiliki infrastruktur teknologi yang kuat dan handal untuk membantu cara kerja remote tanpa hambatan yang signifikan. Selain itu, perusahaan ideal untuk WFA juga harus memiliki kebijakan yang jelas terkait dengan fleksibilitas waktu dan lokasi kerja agar karyawan dapat bekerja secara efektif tanpa harus terikat pada jam kerja konvensional. 

Perusahaan juga harus memiliki budaya kerja yang mendukung kolaborasi dan komunikasi yang efektif, meskipun karyawan bekerja dari lokasi yang berbeda-beda. Selain itu, perusahaan ideal untuk WFA juga harus dapat memberikan perlindungan terhadap data dan informasi yang sensitif, serta memberikan akses yang aman dan terjamin bagi karyawan yang bekerja dari jarak jauh. Dengan memenuhi kriteria-kriteria ini, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung produktivitas dan kesejahteraan karyawan dalam sistem kerja WFA.

Tips Melakukan Work from Anywhere Agar Kerja Lancar

Sistem work from anywhere merupakan sebuah pendekatan terhadap cara kerja fleksibel yang lebih bebas untuk karyawan. Berikut ini adalah tips penting untuk memaksimalkan sistem WFA yang fleksibel sehingga menguntungkan karyawan maupun perusahaan:

Tetapkan Kebijakan WFA yang Jelas

Membuat kebijakan WFA berfungsi untuk menyesuaikan cara kerja karyawan agar sesuai dengan ekspektasi perusahaan terlepas dari kebebasan lokasi kerja. Kebijakan WFA dapat meliputi prosedur, peraturan, hingga target yang perlu dicapai karyawan. Pastikan kebijakan dibuat secara tertulis dan diketahui semua karyawan untuk menghindari kesalahpahaman.

Gunakan Fasilitas Teknologi yang Memadai

Perusahaan yang menerapkan sistem kerja WFA harus menyediakan fasilitas teknologi untuk mendukung efisiensi operasional kerja. Fasilitas ini memungkinkan karyawan Anda untuk selalu terhubung satu sama lain dan menyelesaikan pekerjaan secara optimal. Misalnya adalah memanfaatkan platform online untuk berkomunikasi dan meeting, software untuk manajemen, hingga aplikasi berbasis cloud.

Atur Ekspektasi untuk Karyawan

Ekspektasi yang jelas dari perusahaan adalah kunci kesuksesan penerapan WFA. Perusahaan dapat memberikan ekspektasi seperti rentang jam produktif karyawan, cara berkomunikasi, serta teknologi yang perlu digunakan. Dengan demikian, karyawan dapat bekerja sesuai dengan standar perusahaan tanpa harus dipantau secara langsung. 

Lakukan Pemantauan dan Evaluasi

Pemantauan dan evaluasi secara berkala bertujuan untuk melihat seberapa besar kesuksesan penerapan WFA di perusahaan. Misalnya, Anda menemukan peningkatan signifikan terhadap penjualan, kualitas pelayanan pelanggan, hingga operasional bisnis secara keseluruhan. Anda juga dapat memperbarui kebijakan WFA untuk meningkatkan efektivitas kerja karyawan.

Virtual Office: Solusi Maksimalkan Tren Work from Anywhere

Terlepas dari operasional bisnis yang tidak sepenuhnya dijalankan dari kantor, perusahaan yang menerapkan sistem WFA tetap membutuhkan lokasi kantor profesional untuk menunjang reputasi perusahaan di mata klien dan pelanggan. Solusi untuk menjawab masalah ini adalah layanan virtual office

Layanan virtual office dari Effist Suite Office memungkinkan perusahaan untuk memiliki alamat kantor profesional tanpa harus benar-benar menyewa ruang fisik. Dengan dukungan teknologi terkini, Effist Suite Office menawarkan layanan lengkap seperti layanan pos, nomor telepon khusus, dan ruang rapat. Dengan demikian, virtual office dari Effist Suite Office bukan hanya solusi fleksibel, tetapi juga strategis untuk meningkatkan produktivitas dan memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menghadapi tren “work from anywhere“.

Mari maksimalkan sistem WFA untuk dukung pertumbuhan bisnis bersama Effist Suite Office! Untuk informasi lebih lanjut terkait virtual office, segera hubungi contact@effist.com.

Editor: Cardila Ladini