News and Article

Mulai Perkembangan Bisnis yang Sukses dengan 6 Tahap Ini!

Perkembangan bisnis adalah salah satu langkah strategis yang harus dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan kinerja bisnis. Proses ini mencakup upaya untuk mengidentifikasi peluang bisnis, mengembangkan produk atau layanan baru, serta meningkatkan efisiensi operasional. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, pengembangan bisnis menjadi kunci untuk meningkatkan keunggulan kompetitif.

Saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia dialami tidak hanya oleh perusahaan besar, tetapi juga UMKM yang masih merintis. Indonesia menyaksikan tren perkembangan bisnis yang kian dinamis, di mana terlihat adanya pertumbuhan ekonomi Indonesia sebanyak 5,03% di kuartal IV tahun 2023. Meskipun angka ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mencapai 5,31%, perkembangan bisnis di Indonesia masih relatif tangguh dengan masih kuatnya mobilitas dan daya beli pelanggan. 

Sebagai bagian dari pertumbuhan ekonomi, Anda perlu mengetahui lebih lanjut tentang apa itu perkembangan bisnis serta 6 tahap untuk mengembangkan usaha secara sukses.

Apa yang Dimaksud dengan Perkembangan Bisnis?

Perkembangan bisnis, atau yang juga dikenal sebagai business development, adalah proses membuat nilai baru berjangka panjang dari pelanggan, pasar, dan hubungan bisnis. Proses ini melibatkan strategi untuk menemukan prospek baru yang dikembangkan untuk mendorong kemajuan bisnis.

Aktivitas dalam proses mengembangkan bisnis meliputi riset pasar, prospeksi, lead generation, manajemen partnership, dan sebagainya. Melalui perkembangan bisnis yang efisien, perusahaan dapat meningkatkan kemampuannya dalam mencapai tujuan bisnis. Artinya, dengan bisnis yang berkembang, berbagai departemen dalam perusahaan akan bekerja sama untuk meningkatkan jangkauan bisnis. Perusahaan pun dapat memaksimalkan penjualan, produk, pelayanan pelanggan, hingga brand awareness.

Apa Perbedaan Antara Pertumbuhan Bisnis dan Perkembangan Bisnis?

Baik pertumbuhan bisnis maupun perkembangan bisnis adalah dua konsep yang saling berhubungan. Keduanya berkaitan dengan indikasi keberhasilan sebuah perusahaan. Perbedaan keduanya terletak dari proses pelaksanaannya.

Pertumbuhan bisnis atau business growth adalah peningkatan pada ukuran, pangsa pasar, pendapatan, dan keuntungan perusahaan dari waktu ke waktu. Hal ini dapat dicapai melalui pertumbuhan organik dan pertumbuhan anorganik. Pertumbuhan organik mencakup ekspansi dari internal perusahaan, sementara pertumbuhan anorganik meliputi akuisisi, merger, hingga kolaborasi bisnis dengan perusahaan lain.

Sedangkan perkembangan bisnis adalah proses mengidentifikasi dan mengembangkan pelanggan serta peluang bisnis baru untuk mendorong kemajuan dan keuntungan perusahaan. Strategi untuk mengembangkan perusahaan dapat berupa ekspansi ke ranah pasar baru hingga mengembangkan produk baru.

Mengapa Perkembangan Bisnis itu Penting?

Berbagai pengusaha, mulai dari pengusaha veteran hingga pebisnis pemula, mungkin mengakui bahwa mengembangkan bisnis bukanlah hal yang mudah. Namun, mengembangkan bisnis yang sukses juga menjadi target yang ingin diraih berbagai perusahaan. 

Salah satu alasan mengapa perkembangan bisnis penting dilakukan adalah perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan yang kian dinamis. Perkembangan ini mendukung perusahaan untuk terus menyesuaikan diri dengan perubahan dan tetap relevan. Tanpa adanya sikap adaptasi terhadap perubahan, perusahaan berpotensi jauh tertinggal serta kehilangan pangsa pasar kepada kompetitor yang lebih inovatif dan adaptif.

Alasan lainnya adalah untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Perusahaan dapat mengidentifikasi area untuk menghemat budget dan meningkatkan profitabilitas. Dengan melakukan evaluasi yang terus-menerus terhadap proses bisnis, perusahaan dapat menemukan cara untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara signifikan.

Apa Saja Tahap Perkembangan Bisnis yang Efektif?

Strategi mengembangkan bisnis yang efektif membutuhkan beberapa tahapan penting agar dapat memberikan hasil yang positif dan memuaskan. Beberapa tahapan tersebut adalah:

Tentukan Target Bisnis

Menetapkan target bisnis yang jelas dan realistis akan memudahkan proses perkembangan bisnis. Target bisnis dapat dibuat berdasarkan parameter SMART (specific, measurable, attainable, relevant, time-related) yang artinya target tersebut haruslah bersifat spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. 

Menentukan target bisnis juga berperan dalam mempermudah pencarian peluang bisnis yang relevan. Beberapa contoh target bisnis dapat berupa meningkatkan penjualan, memasuki jenis pasar baru, target akuisisi pelanggan, hingga pengembangan produk baru. Anda juga dapat menetapkan Key Performance Indicator (KPI) yang efektif untuk melacak performa dalam mencapai target pengembangan bisnis.

Lakukan Riset Pasar

Memahami target pasar Anda adalah salah satu kunci menunjang perkembangan bisnis yang sukses. Hal ini meliputi kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan yang kian berubah. Riset memungkinkan identifikasi peluang bisnis dan jenis produk yang dapat menjawab permintaan pelanggan. Riset juga membantu perencanaan strategi marketing yang relevan dan menarik bagi target pelanggan Anda. 

Jalin Hubungan yang Kuat

Membangun relasi bisnis yang kuat adalah langkah penting dalam pengembangan bisnis yang sukses. Relasi ini tidak hanya meliputi networking dengan mitra bisnis, tetapi juga menjalin hubungan kuat dengan pelanggan Anda. Melalui hubungan yang kuat, Anda bisa mendapatkan insight atau peluang bisnis dari relasi yang belum diketahui kompetitor. Sedangkan relasi yang kuat dengan pelanggan berperan dalam meningkatkan loyalitas dan kepercayaan kepada perusahaan.

Optimalkan Pelayanan Pelanggan Anda

Selain melalui produk, pelanggan juga dapat merasa puas dengan pelayanan yang cepat tanggap. Ketika pelanggan menyampaikan pertanyaan atau keluhan, agen pelayanan pelanggan bertanggung jawab menanggapinya dengan baik, sehingga pelanggan mendapatkan pengalaman yang positif. Kepuasan pelanggan akan berdampak pada retensi pelanggan serta mempromosikan produk secara sukarela kepada orang lain. Hal ini akan mendukung kesuksesan pengembangan bisnis Anda.

Dengarkan Masukan Pelanggan

Selama proses pengembangan bisnis berlangsung, Anda mungkin menerima beberapa masukan dari pelanggan terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Dari masukan tersebut, Anda dapat mengidentifikasi aspek yang dapat ditingkatkan atau masalah yang tidak terdeteksi sebelumnya. Hal ini juga mempermudah Anda dalam mengenali kebutuhan pelanggan dengan lebih baik serta mengukur kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Kembangkan Strategi Marketing

Marketing adalah upaya penting untuk memperkenalkan produk dan perusahaan Anda kepada masyarakat luas. Strategi marketing yang dibuat menarik dan relevan dengan kebutuhan target pasar tentunya dapat menjangkau berbagai calon pelanggan baru. Anda dapat memanfaatkan strategi marketing secara online seperti ads, media sosial, atau website, serta secara offline melalui event

Mulai Kembangkan Bisnis Bersama Effist dan Dapatkan Virtual Office di Lokasi Prestisius!

Saat ini, merintis dan mengembangkan bisnis tidak selalu menggunakan kantor fisik sebagai pusat operasional bisnisnya. Selain kantor fisik, virtual office menawarkan solusi modern dan inovatif untuk perkembangan bisnis yang optimal. Melalui virtual office, karyawan Anda dapat merasakan fleksibilitas kerja dengan tidak terkekang kantor fisik. Dari banyaknya pilihan virtual office yang tersedia di pasaran, Effist Suite Office dapat mendukung Anda dalam merasakan manfaat dari ruang kerja virtual.

Walaupun tidak beroperasi di kantor fisik, Effist Suite Office menawarkan virtual office dengan alamat bisnis prestisius di daerah Jakarta Selatan. Alamat bisnis prestisius berperan penting dalam membangun citra perusahaan di mata pelanggan, klien, hingga mitra bisnis. Layanan virtual office Effist juga dilengkapi dengan staf administrasi dan sekretaris yang handal untuk menjaga keteraturan dalam operasional bisnis. Upaya mengembangkan bisnis untuk mendorong pertumbuhan perusahaan pun menjadi semakin mudah dan efisien.

Jangan ragu untuk menghubungi Effist Suite Office melalui email contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut seputar virtual office

Editor: Cardila Ladini