News and Article

Relasi Bisnis: Strategi untuk Memperkuat Pertumbuhan Bisnis

Menjalankan sebuah bisnis turut melibatkan proses interaksi dengan berbagai pihak. Setiap interaksi yang dilakukan dapat menciptakan sebuah hubungan antar dua pihak. Hubungan dan interaksi ini disebut sebagai relasi bisnis. Menjalin hubungan selama berbisnis memainkan peran krusial dalam membentuk citra perusahaan, membangun kepercayaan dengan pelanggan, dan membuka pintu menuju peluang bisnis baru. 

Berbagai macam pebisnis, khususnya pebisnis pemula, perlu mengetahui pentingnya membangun relasi yang positif dalam dunia bisnis. Melalui proses membentuk dan memelihara koneksi, Anda tidak hanya merasakan dampak signifikan pada perkembangan diri, tetapi juga pertumbuhan bisnis dalam jangka waktu yang lama. Pahami lebih lanjut tentang apa itu relasi bisnis, serta strategi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan relasi Anda!

Apa yang Dimaksud dengan Relasi Bisnis?

Relasi bisnis adalah segala hubungan dan interaksi antara berbagai entitas di dunia bisnis. Entitas bisnis ini dapat berupa perusahaan lain, pelanggan, karyawan perusahaan, hingga pemangku kepentingan perusahaan. Menjalin hubungan dalam dunia bisnis sangat penting untuk memperluas koneksi dan meningkatkan peluang kerjasama. Relasi bisnis juga dapat berlangsung dalam berbagai bentuk, seperti kolaborasi hingga relasi dengan pelanggan.

Salah satu tujuan dibentuknya relasi adalah untuk mempercepat tercapainya target perusahaan. Sebagai contoh, seorang pengusaha yang baru merintis usaha dapat menjalin relasi dengan sesama pengusaha untuk memperkenalkan usahanya.  Setiap bentuk relasi memiliki manfaat dan tantangan tersendiri, sehingga penting bagi kedua belah pihak untuk memahami karakteristik dan tujuan dari hubungan tersebut. 

Apa Saja Jenis Relasi dalam Dunia Bisnis?

Beberapa contoh relasi yang terjalin dalam dunia bisnis adalah sebagai berikut:

  • Relasi dengan Pelanggan: Menjalin hubungan kuat dengan pelanggan menjadi kunci mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Hasilnya, pelanggan akan lebih setia dan sering melakukan pembelian berulang, bahkan melakukan rekomendasi secara sukarela jika puas dengan bisnis Anda.
  • Relasi Antar Bisnis: Jenis hubungan ini melibatkan koneksi dengan sesama pebisnis, baik di industri yang sama maupun berbeda. Melalui jenis hubungan ini, Anda akan mendapatkan insight baru yang bermanfaat untuk menjalankan bisnis.
  • Relasi dengan Karyawan: Menjalin hubungan baik dengan karyawan akan menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan kepada perusahaan. Hasilnya adalah proses kerja karyawan yang lebih produktif dan efisien.
  • Relasi dengan Media: Berbagai jenis media, mulai dari media cetak hingga media televisi, dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Menjalin hubungan dengan media akan mempermudah proses bisnis yang membutuhkan kolaborasi bersama media.
  • Relasi dengan Partner Bisnis: Partner bisnis dapat berupa vendor, supplier, hingga perusahaan distributor yang berperan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. Menjalin hubungan dengan partner bisnis akan sangat menguntungkan, mulai dari potongan harga, berbagi ilmu bisnis, hingga akses awal ke produk terbaru.

Mengapa Seorang Pengusaha Perlu Memiliki Banyak Relasi?

Membangun relasi yang baik dengan berbagai pihak akan sangat menguntungkan seorang pengusaha maupun usaha yang sedang dijalankan. Beberapa manfaat dari memiliki banyak relasi adalah:

Memperkaya Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik adalah pondasi dalam menjalin relasi bisnis. Seorang pengusaha tentunya perlu meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik untuk mendapatkan kepercayaan dan mempermudah kolaborasi bisnis. Seiring dengan proses menjalin relasi-relasi baru, kemampuan komunikasi akan semakin terlatih serta meningkatkan rasa percaya diri.

Mendapatkan Pengetahuan Baru

Seringkali ilmu berharga tidak didapatkan melalui teori, tetapi melalui pengalaman. Berbagai pelaku bisnis memiliki pengalaman yang beragam, sehingga banyaknya hubungan yang dibangun akan mempertemukan Anda dengan ilmu-ilmu baru dan menarik. Pengalaman tersebut dapat berasal dari berbagai relasi, mulai dari pelanggan, sesama pebisnis, hingga para pemimpin industri. 

Membantu Upaya Promosi Bisnis

Saat menjalin hubungan positif dengan relasi seperti pelanggan, mitra bisnis, hingga karyawan, besar kemungkinan bahwa relasi akan mempromosikan perusahaan Anda kepada orang lain. Promosi secara sukarela akan membuat bisnis Anda lebih mudah dikenal banyak orang baru. Cara ini juga membantu Anda dalam meraih potensi pelanggan baru yang tidak terjangkau strategi marketing.

Menemukan Peluang Bisnis Baru

Relasi yang telah dibangun dapat mempertemukan Anda dengan berbagai peluang bisnis baru yang belum diketahui kompetitor. Peluang ini akan sangat menguntungkan bagi pertumbuhan bisnis Anda. Tidak hanya itu, Anda juga berkesempatan untuk memperluas jangkauan bisnis serta customer base Anda melalui relasi bisnis.

Membantu Penyelesaian Masalah di Perusahaan

Berbagai perusahaan dapat mengalami masalah ekonomi saat menjalankan operasional bisnisnya. Relasi bisnis yang dibangun secara positif dan kuat dapat membantu perusahaan dalam mengatasi masalah tersebut. Misalnya, Anda dapat berkonsultasi dengan beberapa relasi yang dipercaya terkait masalah ekonomi yang sedang dialami. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan solusi yang mungkin tidak diketahui sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengembangkan Relasi Bisnis?

Membangun relasi baru merupakan tantangan tersendiri yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan diri maupun pertumbuhan perusahaan. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan relasi secara efektif:

Menjadi Diri Sendiri

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat mengembangkan relasi adalah menjadi diri sendiri. Cara ini akan membantu Anda dalam membangun hubungan yang positif. Mendapatkan kepercayaan dari relasi bisnis juga akan menjadi lebih mudah. Hal ini dapat dilatih dengan mengembangkan kemampuan komunikasi, mendengarkan secara aktif, serta membangun kemampuan interpersonal. Anda juga bisa menciptakan lingkungan yang nyaman bagi relasi untuk menjalin koneksi secara konsisten.

Tawarkan Sesuatu yang Bernilai

Proses membangun hubungan bisnis akan lebih mudah jika mampu menawarkan sesuatu yang berharga kepada relasi Anda. Misalnya, untuk membentuk hubungan yang kuat dengan pelanggan, bisnis Anda harus mampu menjawab permintaan pelanggan. Hal ini juga berlaku saat menjalin koneksi dengan relasi-relasi lainnya. Upaya menjalin koneksi akan semakin mudah jika relasi Anda merasakan manfaat dari hubungan tersebut. 

Bangun Kepercayaan

Membentuk relasi dalam jangka panjang memerlukan kepercayaan dari kedua belah pihak. Memberikan janji kosong atau tidak menepati janji hanya akan menghancurkan kepercayaan relasi bisnis Anda. Hasilnya, koneksi yang sudah terjalin dapat merenggang bahkan hilang. Yang terpenting adalah memberikan ekspektasi yang masuk akal dan dapat dicapai kepada relasi bisnis, sehingga rasa percaya tersebut dapat tumbuh.

Meminta dan Menerapkan Feedback

Salah satu cara membangun relasi bisnis yang sehat adalah meminta feedback yang konstruktif dan menerapkannya. Baik feedback positif maupun negatif dapat berpengaruh pada pertumbuhan bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat melakukan survey kepuasan kepada pelanggan terkait produk atau layanan perusahaan. Hal ini juga berlaku pada relasi seperti mitra bisnis atau karyawan Anda. Cara ini menunjukkan komitmen bisnis Anda untuk berkembang dengan mendengarkan feedback tersebut.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial seperti Linkedin, Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok mempermudah proses membangun relasi bisnis. Melalui media sosial, Anda dapat menjangkau lebih banyak relasi baru serta aktif berkomunikasi dengan relasi yang sudah ada. Media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan diri secara profesional ataupun bisnis Anda. Cara ini mampu mendatangkan relasi-relasi baru yang tertarik berkoneksi dengan Anda.

Mengikuti Acara Networking atau Organisasi

Acara seperti seminar atau training merupakan ajang untuk bertemu relasi-relasi baru secara langsung. Anda juga dapat bergabung dengan organisasi, di mana anggotanya dapat berpotensi menjadi relasi baru. Anda dapat mengikuti acara atau organisasi berdasarkan bisnis yang sedang dijalani atau hobi tertentu. 

Lakukan Komunikasi Secara Rutin

Komunikasi adalah aspek penting dalam menjalin dan menjaga relasi bisnis. Berkomunikasi secara rutin menunjukkan kepedulian Anda terhadap hubungan yang sudah dibangun. Misalnya, Anda dapat mengirimkan pesan singkat atau merencanakan pertemuan dengan kolega bisnis. 

Perluas Jaringan dan Tingkatkan Peluang Bisnis Anda di Effist Suite Office!

Menjalin relasi bisnis bukan hanya sekedar transaksi, tetapi juga memelihara hubungan positif yang dapat bertahan dalam waktu lama. Kunci agar sukses membangun relasi ini terletak pada rasa saling percaya, komunikasi, dan keuntungan bersama. Tetapi, menjalin relasi akan lebih mudah jika berada di lingkungan yang mendukung. Di sinilah peran Effist Suite Office dengan layanan Shared Desk untuk memfasilitasi proses membangun relasi Anda.

Layanan Shared Desk dari Effist Suite Office memungkinkan Anda untuk berbagi ruang kerja dengan karyawan dari perusahaan lain. Lingkungan ini akan mempermudah Anda untuk menjalin koneksi serta membuka peluang menuju kolaborasi bisnis dan perspektif baru. Effist Suite Office juga dilengkapi dengan lounge, pantry, dan berlokasi dekat mall dan restoran untuk menunjang proses membangun relasi yang efektif.

Tertarik memperluas jaringan Anda bersama Effist Suite Office? Jangan ragu untuk menghubungi email contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut seputar Shared Desk.

Editor: Cardila Ladini