News and Article

5 Cara Optimalkan Operasional Bisnis untuk Efisiensi Kinerja Bisnis

Faktor yang menentukan kesuksesan bisnis tidak hanya berasal dari kualitas produk atau pelayanan yang optimal, tetapi juga operasional bisnis yang teratur dan efisien. Operasional bisnis memainkan peran penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Dengan sistem operasional yang baik, perusahaan dapat memastikan bahwa segala proses berjalan lancar.

Penerapan manajemen operasional yang baik membutuhkan strategi tepat agar memberikan hasil optimal dengan efisien. Hasilnya akan berdampak pada meningkatkan performa dan daya saing perusahaan di industri yang kompetitif. Pahami lebih lanjut tentang pengertian operasional bisnis serta cara memaksimalkan manajemen operasional di perusahaan Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Operasional Bisnis?

Operasional bisnis adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Kegiatan ini juga dilakukan untuk mewujudkan target perusahaan. Karyawan turut berperan dalam mewujudkan target tersebut dengan melakukan bidang masing-masing, seperti keuangan, marketing, produksi, dan sebagainya. Setiap perusahaan, mulai dari yang berskala besar hingga kecil, memiliki sistem operasional yang berbeda. Sebagai contoh, perusahaan FMCG yang mempekerjakan 100.000 karyawan tentunya memiliki operasional bisnis yang berbeda dari bisnis UMKM berskala kecil. 

Operasional bisnis sebuah perusahaan dapat berubah seiring dengan pertumbuhan bisnis atau perubahan pada kondisi ekonomi. Adanya manajemen operasional muncul sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi, menghemat biaya, serta meningkatkan output perusahaan. Maka dari itu, penting untuk merancang strategi mengoptimalkan operasional bisnis demi menunjang efisiensi kinerja untuk memberikan hasil yang optimal.

Apa Saja Jenis Operasional Bisnis?

Beberapa jenis operasional berikut ini adalah pondasi penting agar perusahaan dapat berfungsi secara efektif:

  • Produksi: Jenis operasional produksi bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang dijual perusahaan kepada pelanggan. Produksi mencakup proses manufaktur hingga mengantarkan produk kepada pelanggan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi yang bernilai tinggi di mata pelanggan.
  • Pengadaan: Operasional pengadaan berperan dalam menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelancaran aktivitas perusahaan sehari-hari. Barang tersebut dapat berupa barang fisik atau digital. 
  • Sumber Daya Manusia: Operasional sumber daya manusia (human resources) bertanggung jawab dalam mengelola karyawan perusahaan. Hal ini meliputi proses rekrutmen, onboarding, manajemen performa kerja, training, hingga offboarding
  • Keuangan: Operasional keuangan bertujuan untuk menangani keuangan perusahaan secara keseluruhan. Beberapa pekerjaannya adalah rencana keuangan, mengatur budget perusahaan, hingga mengelola keuangan perusahaan.
  • Marketing: Jenis operasional marketing mempromosikan layanan atau produk yang dihasilkan. Jenis operasional ini bertugas mengembangkan strategi marketing, mengelola campaign marketing, hingga memantau performa upaya marketing yang sudah dilakukan.
  • Pelayanan Pelanggan: Operasional pelayanan pelanggan bertugas untuk menjawab pertanyaan pelanggan, menangani keluhan masuk, serta membantu pelanggan saat mengalami masalah dengan produk perusahaan. 
  • IT: Operasional IT dibutuhkan untuk mengelola infrastruktur teknologi perusahaan, sehingga aktivitas bisnis sehari-hari dapat berjalan tanpa hambatan. 

Apa Tujuan Diterapkannya Operasional Bisnis dalam Perusahaan?

Secara garis besar, penerapan operasional bisnis bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan perusahaan. Adapun tujuan lainnya dari sistem operasional ini adalah:

Meningkatkan Efisiensi

Manajemen operasional bisnis yang terorganisir berpengaruh dalam meningkatkan efisiensi perusahaan. Misalnya, alur pekerjaan yang jelas akan memudahkan alokasi pekerjaan secara merata kepada karyawan serta memantau kemajuan dalam proses kerja. Hal ini juga membantu karyawan dan perusahaan dalam mencapai kualitas yang diinginkan.

Mendorong Penjualan

Penerapan operasional bisnis yang efisien dapat menghasilkan produk atau layanan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, peran operasional seperti marketing hadir dalam mengembangkan strategi marketing yang efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan baru. Operasional sales juga berperan dalam memastikan proses pembelian yang memuaskan bagi pelanggan. Semua aspek ini akan berdampak pada peningkatan volume penjualan.

Mendukung Kepuasan Pelanggan

Pelanggan yang puas berpotensi menjadi pelanggan yang loyal dan menjadi pembeli berulang untuk perusahaan. Untuk mewujudkan hal ini, operasional bisnis diperlukan untuk menunjang pengalaman pelanggan yang menyenangkan, baik dari segi kualitas produk hingga pelayanan pelanggan. Operasional bisnis juga membantu perusahaan menjalin hubungan kuat dengan pelanggan.

Bagaimana Mengelola Operasional Bisnis Agar Lebih Efisien?

Mengelola manajemen operasional dengan efektif tidak hanya tentang menjalankan aktivitas perusahaan sehari-hari, tetapi juga tentang merancang strategi yang tepat dan memastikan efisiensi dalam setiap langkah. Beberapa strategi operasional yang bisa Anda terapkan adalah:

Tentukan Target Anda

Memiliki target yang realistis adalah salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan. Dengan adanya target, Anda dapat mengukur performa kerja yang sudah dilakukan untuk mencapai target tersebut. Setiap departemen tentunya memiliki target yang berbeda-beda. Penetapan target yang jelas juga penting untuk memotivasi karyawan saat bekerja hingga nantinya mendapat pengakuan atas kerja keras yang telah dilakukan.

Evaluasi dan Tingkatkan Operasional Bisnis

Perusahaan yang terus mengalami perkembangan perlu mengevaluasi sistem operasional yang ada secara berkala. Hal ini bertujuan agar sistem operasional dapat menunjang aktivitas perusahaan sehari-hari. Evaluasi ini juga berperan untuk menemukan ketidakefisienan pada sistem operasional yang ada. Anda dapat menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) untuk mengidentifikasi kondisi sistem operasional saat ini. Identifikasi area yang perlu ditingkatkan serta cari solusi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Gunakan Sistem Automasi

Pekerjaan yang bersifat repetitif hanya akan membuang-buang waktu jika dikerjakan secara manual. Tidak hanya itu, pekerjaan yang repetitif seringkali memicu rasa bosan, sehingga dapat menyebabkan hilangnya motivasi dan menurunnya produktivitas. Menerapkan sistem automasi untuk melaksanakan pekerjaan tersebut akan meningkatkan efisiensi operasional Anda secara signifikan. Jadi, karyawan dapat berfokus pada pekerjaan lain yang lebih penting.

Berinvestasi Pada Teknologi yang Tepat

Bisnis modern dan inovatif memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Saat ini, banyak pilihan teknologi tersedia untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan dalam berbagai ukuran. Teknologi ini harus membantu produktivitas karyawan dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

Sebagai contoh, software seperti Slack atau Microsoft Teams digunakan untuk mempermudah komunikasi dan kolaborasi aktif antar karyawan hingga antar departemen. Contoh lainnya adalah penggunaan CRM untuk mengelola data pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Dengan demikian, operasional bisnis sehari-hari menjadi lebih efisien dengan adanya teknologi yang tepat.

Kembangkan Budaya Kerja yang Positif

Budaya kerja merujuk pada keyakinan, perilaku, atau nilai perusahaan yang mempengaruhi bagaimana karyawan dan manajemen perusahaan menangani kegiatan bisnis sehari-hari. Budaya kerja yang positif akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan sehat untuk karyawan, sehingga akan berdampak pula pada operasional bisnis yang produktif. 

Effist Suite Office: Solusi untuk Dukung Operasional Bisnis Perusahaan Anda

Sebagai penyedia layanan serviced office di daerah bisnis Jakarta Selatan, Effist Suite Office berkomitmen mendukung operasional bisnis yang efisien untuk pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang. Melalui Effist Suite Office, perusahaan Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi tanpa harus mengorbankan kualitas layanan atau waktu. 

Layanan serviced office dari Effist Suite Office memberikan akses kepada fasilitas kantor modern untuk menunjang kelancaran sistem operasional. Beberapa contoh fasilitasnya adalah internet berkecepatan tinggi, ruang meeting dengan fasilitas lengkap, pantry, serta layanan sekretaris dan pembersihan kantor. Segera manfaatkan layanan serviced office dari Effist Suite Office dan rasakan perubahan positif dalam sistem operasional Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut seputar serviced office, Anda dapat menghubungi email contact@effist.com.

Editor: Cardila Ladini