News and Article

Strategi Mewujudkan Meeting yang Efektif

Pelaksanaan meeting jadi bagian penting dalam proses sebuah bisnis. Biasanya meeting di adakan dengan tujuan untuk membagikan informasi, mengembangkan ide-ide atau menetapkan standar kualitas yang diperlukan. Oleh karena itu, strategi mewujudkan meeting yang efektif menjadi sebuah hal yang harus dilakukan agar tujuan di adakan meeting tersebut dapat tercapai. Mungkin Anda sering merasa kurang efektif dalam melaksanakan meeting kerja atau meeting dengan klien. Namun, melaksanakan meeting yang efektif menjadi hal yang tidak sulit jika Anda memiliki komitmen  untuk mewujudkannya.

Bagaimana Strategi Mewujudkan Meeting yang Efektif?

Agar dapat mewujudkan meeting yang berjalan dengan efektif. Berikut beberapa tahapan strategi mewujudkan meeting yang efektif yang dapat Anda lakukan dengan mudah:

1.      Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Meeting yang efektif dimulai dari persiapan meeting itu sendiri. Tentukan tujuan  apa yang ingin dicapai dari meeting tersebut. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa ruang meeting dan peralatan meeting yang diperlukan sudah tersedia. Peralatan yang di perlukan seperti spidol, proyektor, laptop untuk LCD dan semuanya. Untuk lebih memaksimalkan persiapan kebutuhan meeting, Anda dapat menggunakan layanan meeting room yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2.      Agendakan Waktu Meeting

Selanjutnya, jangan lupa juga membuat agenda meeting dan menentukan berapa jumlah pesertanya dan siapa saja yang akan menjadi peserta meeting. Agenda meeting yang fokus pada tujuan diperlukan agar Anda bisa mencapai tujuan bersama dalam waktu yang seefektif mungkin. Anda juga bisa menentukan durasi waktu meeting dalam agenda tersebut untuk menghindari membuang-buang waktu pada sesi tertentu.

3.      Laksanakan Meeting Berdasarkan Agenda

Aspek terpenting dalam menjalankan meeting yang efektif adalah mendesak agar setiap orang menghormati waktu yang dialokasikan. Mulailah tepat waktu dan semaksimal mungkin selesaikan meeting tepat waktu. Selain itu, Anda juga harus menghindari untuk membicarakan hal-hal lain yang tidak menjadi agenda penting dalam meeting tersebut.

4.      Lakukan Evaluasi dari Hasil Meeting

Setelah meeting berakhir akan ada poin-poin yang dicatat sebagai hasil dari meeting dan perencanaan yang akan diterapkan oleh seluruh peserta meeting. Pastikan, setelah menjalankan meeting bahwa masing-masing peserta sudah menyetujuinya dan berkomitmen untuk menjalankan hasil meeting tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan evaluasi terkait meeting yang baru saja diikuti. Apa saja yang sudah berhasil dan apa yang masih perlu untuk diperbaiki sehingga bisa dilakukan pembahasan di meeting berikutnya.

Nah, itulah 4 tahapan strategi mewujudkan meeting yang efektif yang dapat Anda terapkan untuk kegiatan meeting Anda. Dengan mengingat serta menerapkan beberapa strategi di atas, diharapkan meeting yang Anda selenggarakan dapat berjalan dengan efektif. Mewujudkan meeting yang efektif dapat Anda lakukan dengan mudah di Effist Suite Office sebab ditunjang dengan meeting room private, nyaman, dan memiliki fasilitas dan perlengkapan meeting lengkap. Selain itu, Effist dapat digunakan untuk internal meeting perusahaan, meeting dengan klien, workshop, training, dan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan meeting Anda.

 

Untuk informasi lengkap terkait layanan meeting room di Effist Suite Office, hubungi kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon 02129607500.

 

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Produktivitas Teamwork