News and Article

Panduan Memilih Lokasi Perusahaan yang Strategis

Mengembangkan sebuah bisnis baru tidak akan lengkap tanpa memikirkan lokasi perusahaan tempat bisnis Anda dijalankan. Lokasi tersebut adalah tempat karyawan Anda bekerja, berinteraksi dengan klien, hingga mewujudkan target bisnis yang telah ditetapkan. Memiliki lokasi bisnis yang strategis dapat menjadi nilai tambah yang membedakan Anda dari kompetitor.

Namun, penentuan lokasi bisnis membutuhkan perencanaan dan riset mendalam untuk memastikan manfaatnya terhadap perusahaan. Kenali panduan lengkap berikut ini untuk mengetahui tips terbaik dalam memilih lokasi terbaik untuk menjalankan bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Lokasi Perusahaan?

Lokasi perusahaan adalah tempat fisik di mana sebuah bisnis menjalankan operasional sehari-hari. Sebuah lokasi dapat mencakup kantor pusat, pabrik, gudang, toko ritel, dan sebagainya. Perusahaan dapat menetapkan beberapa lokasi berbeda untuk melaksanakan bisnisnya, seperti untuk kantor pusat dan kantor cabang. 

Lokasi bisnis strategis tidak hanya berfungsi menunjang operasional bisnis, tetapi juga mendukung kesuksesan bisnis. Lokasi usaha ditentukan dengan menyeimbangkan aspek biaya operasional, potensi pendapatan yang akan dihasilkan, serta target pelanggan yang ingin dijangkau. Oleh karena itu, penting untuk menentukan lokasi bisnis dengan mempertimbangkan faktor-faktor untuk mengakomodasi kelangsungan bisnis, sehingga perusahaan dapat beroperasi tanpa hambatan.

Apa Pentingnya Lokasi bagi Perusahaan?

Sebelum memulai bisnis, penting untuk mempertimbangkan lokasi di mana bisnis akan dijalankan. Penentuan lokasi perusahaan akan menentukan perkembangan bisnis dalam jangka waktu panjang. Lokasi dapat mempengaruhi berbagai aspek bisnis, seperti visibilitas, aksesibilitas, dan daya tarik bagi pelanggan serta karyawan. 

Lokasi perusahaan tidak hanya berfokus pada tempat, tetapi juga lingkungan dan cara mencapai lokasi tersebut. Tempat yang ramah pejalan kaki atau transportasi umum seringkali menjadi pilihan populer untuk lokasi bisnis. Faktor ini akan memudahkan pelanggan dalam menemukan bisnis Anda. Selain itu, karyawan akan lebih efisien saat bekerja di tempat yang mudah diakses.

Lokasi perusahaan juga berperan penting pada reputasi yang ingin dibangun. Misalnya, perusahaan jasa yang ingin menonjolkan citra profesional kepada pelanggan dan klien akan memilih lokasi bisnis strategis seperti wilayah perkantoran. Selain itu, bagi perusahaan yang sedang berkembang pesat, membuka lokasi bisnis baru dapat menjadi pertimbangan untuk memulai ekspansi bisnis, sehingga dapat menjangkau peluang bisnis baru. 

Faktor Apa Saja yang Menentukan Lokasi Perusahaan?

Faktor dalam menentukan lokasi dapat berbeda-beda berdasarkan jenis bisnis yang sedang dijalankan. Mempertimbangkan faktor-faktor ini ke dalam analisis lokasi bisnis akan membantu dalam mencari lokasi bisnis paling ideal untuk perusahaan Anda.

Budget

Variasi harga lokasi bisnis dapat tergantung pada keuntungan yang ditawarkan lokasi tersebut. Contohnya adalah akses transportasi umum, pejalan kaki, tol, lahan parkir, hingga sarana dan prasarana.

Penentuan lokasi perusahaan haruslah sesuai dengan budget perusahaan yang sudah ditetapkan. Budget juga akan membantu Anda dalam memilih antara membeli bangunan atau menyewa kantor untuk melaksanakan operasional bisnis sehari-hari.

Akses yang Mudah

Saat memilih lokasi perusahaan, penting untuk mempertimbangkan bagaimana karyawan dan pelanggan Anda dapat mencapai tempat usaha Anda. Kemudahan akses dapat membantu pelanggan dalam menemukan bisnis Anda, seperti misalnya lokasi yang dekat dengan area pejalan kaki atau transportasi umum. Kemudahan akses juga akan meringankan beban berkendara atau berjalan karyawan, sehingga efisiensi kerja di kantor dapat tetap optimal. 

Lahan Parkir

Lahan parkir yang memadai adalah hal yang wajib ada di semua bangunan. Karyawan dan klien yang datang dengan kendaraan pribadi akan sangat diuntungkan dengan adanya lahan parkir tersebut. Tanpa adanya area parkir, karyawan atau klien memerlukan waktu untuk memarkirkan kendaraan, yang mana dapat menimbulkan rasa frustasi dan ketidaknyamanan tersendiri.

Kebutuhan Operasional

Perusahaan adalah tempat di mana operasional bisnis dijalankan. Maka dari itu, lokasi yang dipilih perlu memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya, lokasi bisnis Anda perlu menunjang operasional perusahaan yang mengharuskan karyawan untuk bertemu klien yang akan memakai produk atau jasa Anda. Hal-hal seperti ini akan meningkatkan efisiensi dalam operasional bisnis sehari-hari.

Lingkungan di Sekitar Lokasi

Lingkungan berperan dalam menciptakan suasana serta membentuk persepsi klien atau pelanggan terhadap perusahaan. Hal ini akan sangat berpengaruh jika Anda sering menemui pelanggan di lokasi perusahaan. Misalnya, lingkungan yang bersih dengan banyak tanaman akan memunculkan kesan segar dan asri. Baik karyawan maupun klien akan merasa nyaman dengan lingkungan yang terawat dan rapi.

Bagaimana Cara Memilih Lokasi Perusahaan yang Strategis?

Banyak lokasi bisnis strategis disediakan khusus untuk menjalankan usaha dilengkapi dengan berbagai manfaatnya. Namun, lokasi bisnis terbaik adalah lokasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda dapat menerapkan analisis lokasi bisnis yang mencakup analisis demografis, persaingan bisnis, pertumbuhan bisnis, serta biaya lokasi. Beberapa cara di bawah ini dapat menjadi panduan dalam menganalisis lokasi bisnis terbaik:

Pilih Lokasi yang Dekat dengan Target Pasar

Target pasar Anda adalah pihak yang memberikan keuntungan pada bisnis Anda. Maka dari itu, penting untuk memilih lokasi yang memudahkan target pasar dalam menemukan dan mengetahui bisnis Anda.

Analisis demografis dapat digunakan untuk mempertimbangkan kecocokan bisnis Anda dengan masyarakat yang ada di sekitar lokasi tersebut. Analisis demografis meliputi populasi di sekitar lokasi tersebut, rata-rata pendapatan, usia, dan tingkat pendidikan. 

Tentukan Jenis Bisnis yang Akan Dijalankan

Jenis bisnis dapat mempengaruhi lokasi perusahaan yang akan dipilih. Pastikan lokasi tersebut dapat menunjang operasional sehari-hari. Misalnya, jika bisnis Anda sangat bergantung pada kedatangan pelanggan, seperti kafe, restoran, atau retail, lokasi terbaik adalah lokasi yang dekat dengan keramaian atau transportasi umum.

Bagi bisnis yang menawarkan jasa profesional, Anda mungkin hanya memerlukan lokasi kantor di daerah pusat bisnis dengan ruang meeting yang memadai. 

Perhatikan Jarak dengan Kompetitor

Sebuah lokasi dapat menawarkan berbagai keuntungan yang bermanfaat untuk bisnis Anda. Namun, jika lokasi tersebut dipenuhi oleh berbagai bisnis yang serupa dengan bisnis Anda, lokasi tersebut mungkin bukan lokasi terbaik. Lokasi yang sudah diisi banyak kompetitor memungkinkan Anda untuk memperebutkan pelanggan yang sama. Dalam jangka waktu yang panjang, hal ini tidak akan menguntungkan bisnis Anda. 

Pilih Lokasi Sesuai Budget

Opsi menyewa ruang kantor menjadi salah satu pilihan bagi bisnis yang baru berkembang. Di samping biaya penyewaan yang dibayar secara rutin, Anda juga perlu menghitung biaya lain yang perlu dibayarkan, misalnya pajak. Selain itu, semakin strategis sebuah lokasi bisnis, maka semakin mahal harga yang diberikan pada lokasi tersebut. Lokasi yang melebihi budget justru akan memberatkan bisnis Anda hingga menyebabkan kerugian.

Pertimbangkan Faktor Keamanan

Perusahaan menyimpan berbagai data penting terkait bisnis dan pelanggan. Beberapa di antaranya adalah data rahasia yang tidak boleh bocor ke pihak asing. Lokasi perusahaan Anda perlu dilengkapi dengan sistem keamanan kantor yang memadai untuk melindungi data-data tersebut. Selain lokasi bangunan, perhatikan juga lingkungan di sekitar perusahaan Anda. Pastikan lokasi perusahaan Anda tidak rawan dengan aktivitas kriminal atau memiliki sistem keamanan yang dikelola dengan baik. 

Perhatikan Aksesibilitas Lokasi

Lokasi perusahaan yang mudah diakses oleh karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Aspek dalam aksesibilitas lokasi meliputi jarak ke transportasi umum, kepadatan lalu lintas, dan kemudahan akses bagi orang dengan mobilitas terbatas. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, perusahaan dapat memastikan bahwa lokasi mereka dapat memenuhi kebutuhan perusahaan secara optimal.

Lakukan Riset Mengenai Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang memadai dapat menambah nilai dari sebuah lokasi perusahaan. Sebagai contoh, lokasi dengan akses tempat makan dan tempat parkir yang memadai dapat menunjang kenyamanan karyawan. Contoh lainnya adalah sarana dan prasarana seperti pusat perbelanjaan dan restoran yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan meeting dengan klien, seperti lunch meeting. Pastikan sarana dan prasarana tersebut dapat dijangkau dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Pilih Lokasi yang Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis Anda mungkin akan mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan. Artinya, Anda akan memerlukan lebih banyak ruang untuk memfasilitasi operasional bisnis yang semakin meningkat. Lokasi perusahaan yang fleksibel dapat menjadi opsi terbaik untuk mewadahi perkembangan bisnis. Memindahkan lokasi perusahaan akan memakan waktu dan biaya yang cukup besar, sehingga penting untuk memastikan apakah Anda akan menempati lokasi ini dalam waktu singkat atau lama.

Temukan Lokasi Bisnis Strategis di Effist Suite Office

Pemilihan lokasi bisnis yang strategis akan menjadi investasi jangka panjang bagi perusahaan Anda. Terletak di pusat bisnis Jakarta Selatan, Effist Suite Office memberikan akses yang mudah ke berbagai fasilitas penting seperti pusat perbelanjaan, hotel, restoran, dan pusat keuangan. Lokasinya yang strategis juga memberikan kemudahan akses transportasi dengan adanya tempat parkir yang memadai serta dekat dengan transportasi umum. 

Dikelilingi oleh lingkungan bisnis yang dinamis dan berkembang, Effist Suite Office juga menawarkan fasilitas kantor modern dan profesional, termasuk ruang meeting, layanan resepsionis, keamanan 24 jam, dan koneksi internet yang cepat. Tak heran jika Effist Suite Office menjadi pilihan utama bagi perusahaan yang sedang mencari lokasi kantor yang ideal dan strategis di Jakarta. Serviced office dan virtual office dari Effist Suite Office dapat menjadi opsi terbaik untuk tempat berkembangnya bisnis Anda. Segera hubungi contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut terkait lokasi strategis untuk bisnis Anda.

Editor: Cardila Ladini