News and Article

Value Perusahaan: Pedoman Membangun Budaya Kerja Positif

Bagi para pebisnis pemula yang baru saja memulai usaha, memiliki rancangan produk yang menjanjikan, budget perusahaan yang memadai, atau strategi bisnis yang taktis saja tidaklah cukup. Salah satu kunci menjalankan bisnis yang sukses adalah dengan membentuk value perusahaan. Aspek ini tidak hanya perlu dimiliki oleh perusahaan besar, tetapi juga oleh bisnis kecil yang baru merintis. 

Value berperan sebagai jantung yang mengarahkan bagaimana perusahaan harus bertindak. Memilih value perusahaan lebih dari sekedar mengumpulkan kata-kata menarik dan inspiratif, tetapi juga bagaimana menentukan value untuk bisnis Anda serta menerapkannya ke dalam kehidupan kerja sehari-hari. Artikel ini akan membahas seputar apa itu value perusahaan, manfaat yang diberikan, hingga tips efektif membangun value yang kokoh untuk perusahaan Anda.

Apa Itu Value Perusahaan?

Value perusahaan, dikenal juga sebagai core value atau nilai perusahaan, merupakan prinsip atau pandangan yang mencerminkan visi dan misi sebuah perusahaan. Value perusahaan biasanya ditetapkan oleh para pemimpin perusahaan. Nilai perusahaan dapat mempengaruhi bagaimana karyawan dan perusahaan bersikap serta mengambil keputusan bisnis. Nilai juga berperan dalam membangun identitas dan reputasi perusahaan di mata internal dan eksternal perusahaan. 

Penanaman nilai  berperan dalam membentuk budaya kerja di dalam perusahaan. Nilai perusahaan dapat dikomunikasikan secara masif melalui training kerja, seminar, atau publikasi di website resmi perusahaan. Dengan adanya nilai perusahaan, karyawan akan memiliki pedoman dalam menghadapi pelanggan, mitra kerja, serta pemangku kepentingan. 

Mengapa Value Perusahaan itu Penting?

Nilai perusahaan merupakan hal penting yang tidak bisa disepelekan. Nilai perusahaan merupakan cerminan dari prinsip-prinsip yang menjadi landasan moral dan etika bisnis suatu perusahaan. Hal tersebut akan membentuk budaya perusahaan dan memandu perilaku karyawan dalam menjalankan pekerjaan. 

Tidak hanya itu, nilai perusahaan sebagai identitas berfungsi untuk membedakan perusahaan dari kompetitor, sehingga turut mempengaruhi citra di mata klien, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menentukan nilai berdasarkan bisnis yang akan dijalankan. 

Selain menentukan nilai yang tepat, penting juga untuk memastikan implementasi nilai tersebut dalam operasional bisnis sehari-hari. Setiap bagian perusahaan, mulai dari level manajerial hingga staf biasa, wajib mengingat nilai perusahaan tersebut dan mewujudkannya dalam bentuk tindakan. Dengan demikian, nilai perusahaan tidak hadir sebagai dekorasi saja, melainkan sebagai pendorong moral karyawan agar lebih bersemangat saat bekerja.

Manfaat Value Perusahaan untuk Bisnis

Terlepas dari pentingnya kehadiran nilai pada sebuah perusahaan, masih banyak bisnis yang kurang menyadari keuntungan yang diberikan nilai perusahaan jika diterapkan secara masif dan efektif. Berikut beberapa manfaat dari adanya nilai perusahaan:

Membangun Identitas Perusahaan

Sebagai cerminan visi dan misi, nilai perusahaan bertujuan untuk menginformasikan budaya perusahaan secara menyeluruh kepada klien, calon klien, karyawan, dan mitra kerja. Hal ini akan turut membentuk identitas perusahaan yang unik dan berbeda dari kompetitor. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan daya saing di industri yang sedang dijalani.

Mendukung Engagement dan Retensi Karyawan

Banyak karyawan memilih perusahaan dengan nilai yang sejalan dengan nilai pribadi. Kesamaan nilai ini akan membuat karyawan lebih berkomitmen dan produktif saat bekerja, sehingga engagement karyawan dapat lebih meningkat. Tingkat engagement yang tinggi akan membuat karyawan lebih lama bertahan di perusahaan, sehingga mendorong angka retensi karyawan. Nilai perusahaan yang positif berperan dalam memelihara engagement dan retensi tersebut.

Mempermudah Proses Pengambilan Keputusan

Nilai perusahaan yang merefleksikan visi dan misi perusahaan berfungsi sebagai pedoman untuk memandu karyawan dalam mengambil keputusan bisnis. Jika mengalami dilema saat melakukan pengambilan keputusan, karyawan dapat mengacu pada nilai perusahaan untuk memastikan bahwa pilihan tersebut konsisten dengan pandangan yang dianut perusahaan.

Membentuk Budaya Perusahaan

Nilai perusahaan berguna dalam memberikan identitas dan tujuan bersama pada karyawan. Ketika seluruh karyawan mengetahui dan menerapkan nilai tersebut, budaya perusahaan akan terbentuk. Karyawan pun dapat melaksanakan operasional bisnis sehari-hari berdasarkan nilai tersebut, sehingga mendukung kolaborasi positif antar karyawan. Contoh nilai perusahaan untuk membentuk budaya perusahaan adalah integritas, kejujuran, kerja sama, kolaborasi, hingga komunikasi aktif.

Bagaimana Strategi Membangun Value Perusahaan yang Efektif?

Mengingat peran krusial nilai perusahaan terhadap lingkungan kerja, Anda akan membutuhkan strategi efektif dalam merancang nilai yang tepat untuk perusahaan. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan saat membangun nilai perusahaan:

Lakukan Brainstorming

Saat akan merencanakan nilai perusahaan, Anda dapat melakukan brainstorming untuk mendiskusikan ide-ide baru terkait nilai untuk bisnis. Kumpulkan saran dari tim Anda atau cari inspirasi dari perusahaan yang sudah memiliki nilai perusahaan. Anda juga dapat membuat draft komprehensif berisi calon-calon nilai untuk perusahaan serta alasan mengapa nilai tersebut dijadikan pilihan.

Buat Value yang Pendek dan Berorientasi Pada Tindakan

Memiliki nilai perusahaan yang singkat, padat, dan jelas akan memudahkan karyawan Anda dalam mengingat dan memahami value tersebut. Dengan demikian, karyawan dapat menerapkan nilai perusahaan secara efektif ke pekerjaan mereka sehari-hari. Anda juga bisa merancang nilai yang berorientasi pada tindakan, sehingga karyawan dapat menggunakan nilai perusahaan sebagai panduan tentang cara bersikap dan bertindak saat bekerja.

Tetapkan Value Perusahaan

Setelah membuat perencanaan dan draft komprehensif, Anda harus membuat keputusan mengenai core value yang paling cocok untuk perusahaan. Pertimbangkan nilai mana yang paling merepresentasikan perusahaan serta visi dan misi yang dianut. Anda juga bisa mendengarkan feedback dari tim untuk menyusun nilai terbaik sebagai pedoman bagi perusahaan dan karyawan dalam menjalankan bisnis.

Komunikasikan Value Perusahaan

Strategi membangun nilai perusahaan tidak selesai pada penetapan value tersebut. Langkah selanjutnya adalah bagaimana mengkomunikasikan nilai perusahaan secara efektif kepada karyawan dan pelanggan Anda. Misalnya, Anda dapat melakukan training secara berkala untuk menanamkan value perusahaan kepada karyawan. Anda juga dapat mempublikasikan nilai di website perusahaan atau mengirimkan newsletter ke pelanggan.

Perbarui Value Perusahaan Secara Berkala

Seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan Anda tentunya akan mengalami perkembangan. Jika value yang sudah ada dianggap mulai tidak cocok dengan operasional bisnis terkini, Anda dapat memperbarui value perusahaan secara berkala agar sesuai dengan pertumbuhan bisnis saat ini. Dengan demikian, bisnis Anda akan tetap relevan di tengah ketatnya persaingan bisnis.

Effist Suite Office: Solusi Ruang Kerja Kolaboratif untuk Optimalkan Value Perusahaan

Membangun nilai perusahaan berperan penting dalam menciptakan budaya kerja yang kuat, memandu proses pengambilan keputusan yang strategis, hingga memelihara motivasi dan engagement karyawan. Dengan menerapkan core value secara efektif, Anda tidak hanya mendukung terbentuknya lingkungan kerja kolaboratif, tetapi juga mendukung tercapainya tujuan bisnis sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Sebagai penyedia layanan serviced office, Effist Suite Office berkomitmen dalam menciptakan ruang kerja yang inspiratif untuk mendukung implementasi value perusahaan yang efektif. Effist Suite Office dapat mempercepat pertumbuhan bisnis klien melalui penyediaan fasilitas kantor yang memadai, mulai dari ruang kantor profesional, virtual office, ruang meeting, business lounge, hingga resepsionis handal yang siap menyambut klien Anda di lokasi bisnis yang prestisius di daerah Jakarta Selatan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait serviced office dari Effist Suite Office, Anda dapat menghubungi email contact@effist.com

 Editor: Cardila Ladini