News and Article

Pentingnya Sarana dan Prasarana untuk Kesuksesan Bisnis

Tahukah Anda bahwa sarana dan prasarana kantor dapat mempengaruhi produktivitas serta efisiensi kerja karyawan? Dari fasilitas kantor hingga perangkat teknologi, pemenuhan kebutuhan tersebut dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan yang dihasilkan. Maka dari itu, penting bagi setiap perusahaan untuk memperhatikan dan menyediakan sarana dan prasarana berkualitas baik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, investasi dalam pengadaan sarana dan prasarana dapat membawa manfaat jangka panjang bagi karyawan maupun perusahaan. Pahami lebih lanjut tentang pengertian sarana dan prasarana kantor serta pentingnya menyediakan sarana dan prasarana yang layak untuk karyawan Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Sarana dan Prasarana Kantor?

Sarana dan prasarana kantor merupakan dua jenis fasilitas kantor yang saling melengkapi satu sama lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat untuk mencapai maksud atau tujuan. Sementara prasarana dalam KBBI adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses, seperti usaha, pembangunan, proyek, dan sebagainya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana adalah berbagai alat yang mewadahi proses tercapainya tujuan bisnis.

Menyediakan sarana dan prasarana sangat penting untuk memudahkan kelancaran operasional bisnis. Namun, pengadaan sarana dan prasarana ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Hal ini juga bertujuan agar biaya dan waktu yang dikeluarkan untuk menyediakan sarana dan prasarana menjadi tidak sia-sia. 

Di samping pengadaan, perusahaan juga perlu memperhatikan pemeliharaan sarana dan prasarana kantor yang ada. Salah satu tujuan dari pemeliharaan sarana dan prasarana ini adalah untuk menjaga kondisi barang selama pemakaian serta menghindari risiko kehilangan. Pemeliharaan dapat dilakukan mulai dari pelacakan kondisi sarana dan prasarana dari waktu ke waktu, hingga mencatat semua sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan. 

Apa Saja yang Meliputi Sarana dan Prasarana Kantor?

Beberapa fasilitas di bawah ini adalah contoh sarana dan prasarana yang umum ada di lingkungan kerja, seperti:

  • Meja dan Kursi: Meja dan kursi ergonomis yang memperhatikan kondisi kesehatan karyawan adalah contoh sarana dan prasarana yang perlu dimiliki sebuah perusahaan.
  • Alat Tulis Kantor: Alat tulis seperti pensil, pulpen, spidol, serta alat lainnya dibutuhkan untuk menunjang aktivitas administrasi perkantoran atau aktivitas bisnis lainnya.
  • Komputer, Laptop, dan Perlengkapan Lainnya: Perangkat seperti komputer, laptop, beserta peralatan pelengkapnya adalah sarana dan prasarana untuk melaksanakan operasional sehari-hari.
  • Alat Komunikasi: Untuk memfasilitasi komunikasi internal maupun eksternal yang efisien, alat komunikasi seperti telepon dan handphone adalah sarana dan prasarana yang perlu disediakan.
  • Jaringan Internet: Jaringan internet berkecepatan tinggi adalah sarana dan prasarana yang digunakan untuk mengakses informasi hingga memfasilitasi komunikasi secara online.
  • Ruang Kantor: Ruang kantor yang didesain modern dan nyaman dibutuhkan karyawan untuk bekerja secara optimal. Ruang kantor dapat didesain secara terbuka ataupun tertutup menurut kebutuhan karyawan.
  • Ruang Rapat: Ruang rapat, sebagai salah satu sarana dan prasarana, memfasilitasi diskusi yang kondusif dengan perlengkapan seperti proyektor, papan tulis, spidol, meja, kursi, dan peralatan lainnya.
  • Area Istirahat: Sarana dan prasarana seperti area istirahat diperlukan karyawan untuk merehatkan diri dari penatnya bekerja. 
  • Kendaraan: Seringkali karyawan perlu melakukan tugas keluar kantor. Sarana dan prasarana seperti kendaraan akan diperlukan untuk memfasilitasi kegiatan luar kantor seperti ini.

Apa Pentingnya Sarana dan Prasarana Kantor untuk Perusahaan?

Perusahaan akan sulit menjalankan aktivitas bisnis tanpa sarana dan prasarana yang memadai. Berikut adalah alasan mengapa sarana dan prasarana perlu tersedia di perusahaan:

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Produktivitas kerja karyawan akan semakin tinggi jika menggunakan sarana dan prasarana berkualitas baik. Misal, sarana dan prasarana seperti komputer keluaran terbaru dapat mendukung performa kerja yang lebih maksimal. Contoh sarana dan prasarana lainnya adalah interior kantor yang mempengaruhi suasana saat bekerja. Jika didesain dengan baik, interior kantor juga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Memfasilitasi Kegiatan Operasional

Sarana dan prasarana kantor hadir untuk memfasilitasi kegiatan operasional sehari-hari. Misal, Anda dapat menggunakan sarana dan prasarana berupa ruang meeting untuk memfasilitasi diskusi dan kolaborasi dengan tim, mitra bisnis, hingga klien. Sarana dan prasarana seperti komputer hingga alat tulis juga berperan dalam menunjang kegiatan operasional yang efektif.

Mengoptimalkan Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan berfokus pada kondisi kesehatan fisik, mental, dan emosional karyawan. Karyawan yang sejahtera dan bahagia cenderung lebih bersemangat saat bekerja serta memberikan hasil kerja yang lebih berkualitas. Kondisi ini dapat diwujudkan melalui sarana dan prasarana yang baik. Misalnya adalah menyediakan meja dan kursi kantor yang ergonomis untuk mengurangi risiko masalah kesehatan seperti sakit punggung atau mata lelah.

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Sarana dan prasarana yang modern dan canggih akan meningkatkan reputasi perusahaan di mata karyawan, mitra bisnis, klien, bahkan masyarakat. Hal ini juga menunjukkan kepedulian perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang inovatif melalui sarana dan prasarana yang layak.                                          

Miliki Sarana dan Prasarana Kantor Lengkap untuk Menunjang Aktivitas Bisnis Anda Hanya di Effist!

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa sarana dan prasarana kantor merupakan komponen penting dalam meraih kesuksesan bisnis. Melalui sarana dan prasarana yang memadai, Anda dapat memastikan proses kerja yang efisien, sehingga berdampak pada output yang berkualitas. Namun, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam menyediakan lingkungan kerja dengan sarana dan prasarana yang mencukupi. Effist Suite Office dapat menjadi jawaban dari permasalahan ini.

Effist Suite Office, melalui layanan serviced office-nya, merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari ruang kantor dengan sarana dan prasarana kantor lengkap untuk mendukung aktivitas bisnis Anda.  Serviced office yang disediakan oleh Effist Suite Office telah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana modern dan berkualitas untuk menunjang operasional sehari-hari. Beberapa contohnya adalah internet berkecepatan tinggi, ruang kerja modern dan profesional, lounge, pantry, hingga ruang meeting. Dengan sarana dan prasarana ini, Effist siap membantu Anda meningkatkan produktivitas dan kenyamanan dalam menjalankan bisnis.

Untuk informasi lebih lanjut tentang serviced office Effist Suite Office, Anda dapat menghubungi email contact@effist.com.

Editor: Cardila Ladini