News and Article

Pangsa Pasar: Strategi Ampuh Tingkatkan Keunggulan Bisnis

Pangsa pasar atau market share adalah salah satu konsep yang tidak pernah lepas dalam persaingan bisnis. Market share dapat mempengaruhi operasional bisnis, penetapan harga pada produk atau layanan bisnis yang ditawarkan, serta performa pasar saham perusahaan. 

Pertumbuhan angka market share sebuah perusahaan merefleksikan pertumbuhan pendapatan perusahaan tersebut. Artinya, perusahaan dapat meningkatkan operasional dan peluang bisnis untuk profitabilitas yang lebih besar. Maka dari itu, mendapatkan porsi pangsa pasar berperan penting terhadap pertumbuhan bisnis. Kenali lebih lanjut tentang apa itu pangsa pasar serta tips memperluas pangsa pasar untuk bisnis Anda!

Apa yang Dimaksud dengan Pangsa Pasar?

Pangsa pasar atau market share adalah persentase penjualan di dalam pasar yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan pada periode waktu tertentu. Persentase ini menunjukkan dominasi dan kompetisi perusahaan dalam pasar yang sedang dimasuki. 

Melalui market share, Anda dapat melihat seberapa besar ukuran sebuah perusahaan dibandingkan dengan kompetitornya. Maka dari itu, perusahaan dengan market share terbesar dapat dianggap sebagai pemimpin pasar. 

Mengapa Pangsa Pasar Penting?

Market share adalah aspek penting yang menunjukkan eksistensi bisnis sebuah perusahaan beserta pengaruhnya dalam pasar yang sedang dijalani. Aspek ini juga menjadi indikator dari pertumbuhan dan kesuksesan sebuah perusahaan. Saat meningkatkan market share, perusahaan juga dapat meningkatkan profitabilitasnya. Market share perusahaan yang tinggi memperlihatkan tingginya angka penjualan perusahaan dibandingkan kompetitornya. 

Bagaimana Cara Menghitung Pangsa Pasar?

Untuk menghitung market share perusahaan Anda, beberapa langkah yang bisa diikuti adalah:

  1. Tentukan periode waktu yang ingin diobservasi. Misal, Anda ingin menghitung market share perusahaan dalam periode waktu 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau beberapa tahun. 
  2. Hitung total penjualan produk pada periode waktu tersebut.
  3. Cari tahu seberapa banyak total penjualan produk di dalam pasar pada periode waktu yang sama.
  4. Bagi total penjualan perusahaan dengan total penjualan di dalam pasar.

Rumus dasar dari perhitungan pangsa pasar adalah sebagai berikut:

Angka Pangsa Pasar: (Pendapatan Perusahaan / Pendapatan Pasar) x 100

Sebagai contoh, perusahaan A mengumpulkan pendapatan sebesar Rp100.000.000 selama tahun 2023. Di periode waktu yang sama, total pendapatan pasar mencapai Rp350.000.000. Perhitungan pangsa pasar A adalah:

Pangsa Pasar Perusahaan A: (Rp100.000.000 / Rp350.000.000) x 100 = 28%

Maka pangsa pasar perusahaan A di pasar adalah sebesar 28%.

Bagaimana Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar?

Peningkatan dalam pangsa pasar perusahaan menunjukkan adanya peningkatan penjualan yang berhasil dicapai. Peningkatan ini dapat mendorong perkembangan bisnis perusahaan. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperluas pangsa pasar adalah:

Buat Inovasi Produk atau Layanan Baru

Permintaan pelanggan akan selalu mengalami perubahan, sehingga penting bagi perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut. Hal ini dilakukan melalui inovasi produk atau layanan baru yang menjawab kebutuhan pelanggan. 

Contoh inovasi yang bisa dilakukan adalah menciptakan fitur baru atau menambahkan teknologi baru pada produk dan layanan yang ditawarkan. Inovasi ini dapat menarik calon pelanggan baru, yang mana merupakan faktor utama dalam menghasilkan pendapatan. Selain inovasi, Anda juga dapat meningkatkan kualitas produk agar selalu konsisten dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Tingkatkan Upaya Branding dan Marketing

Branding merupakan proses untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Branding yang dilakukan haruslah konsisten dan menarik, baik dari segi visual maupun pesan yang ingin disampaikan. Anda juga dapat memanfaatkan iklan yang dipasang secara online maupun offline untuk mengoptimalkan upaya branding dan marketing. Cara ini bertujuan agar lebih banyak pelanggan dapat mengenal dan tertarik dengan produk, layanan, atau perusahaan Anda.

Perkuat Hubungan dengan Pelanggan

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan market share adalah memperkuat hubungan dengan pelanggan. Cara ini bertujuan untuk mendorong loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Pelanggan yang loyal akan lebih mudah melakukan pembelian berulang dibandingkan pelanggan baru, yang mana akan berkontribusi besar pada angka penjualan perusahaan.

Bangun SDM yang Berkualitas

Upaya memperluas market share tidak selalu berfokus pada produk atau layanan, tetapi juga karyawan yang menjalankan operasional bisnis perusahaan. Merekrut berbagai karyawan yang ulet, kompeten, dan berdedikasi juga berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan. 

Akan tetapi, perusahaan juga perlu menyediakan lingkungan kantor yang nyaman dan suportif bagi karyawan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya terkait turnover dan training karyawan baru dan mengalokasikannya untuk inovasi bisnis baru. Hal ini dapat dilakukan melalui penyediaan fasilitas kantor yang memadai hingga gaji dan tunjangan yang sepadan.

Buat Strategi Penetapan Harga

Cara lainnya untuk memperluas market share adalah melalui strategi penetapan harga. Pada strategi ini, harga ditentukan berdasarkan kondisi pasar, kompetisi bisnis, dan nilai yang diberikan pelanggan terhadap produk atau layanan. 

Misalnya, Anda menggunakan strategi penetapan harga kompetitif untuk produk yang sangat diminati oleh pelanggan. Strategi lainnya adalah pengurangan harga produk atau pemberian diskon untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Virtual Office: Pilihan Ideal untuk Memperluas Pangsa Pasar Secara Efektif

Pangsa pasar atau market share adalah indikator penting yang menunjukkan keberhasilan perusahaan. Berbagai perusahaan pun berfokus dalam meraih dan meningkatkan pangsa pasarnya di industri yang sedang dijalani. Salah satu solusi efektif untuk mencapai target ini adalah melalui virtual office dari Effist Suite Office.

Layanan Effist Suite Office menawarkan alamat bisnis bergengsi di Jakarta Selatan untuk memberikan reputasi profesional kepada pelanggan dan mitra bisnis. Anda dapat mengurangi biaya operasional bangunan dan mengalokasikan sumber dayanya untuk menciptakan inovasi dan strategi bisnis baru. Virtual office juga dilengkapi dengan layanan sekretaris dan administrasi untuk mendukung efisiensi operasional bisnis sehari-hari. Serangkaian manfaat ini dapat membantu Anda dalam upaya memperluas market share.

Jangan ragu untuk menghubungi Effist Suite Office melalui email contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut seputar virtual office dengan berbagai fasilitasnya.

Editor: Cardila Ladini