News and Article

Brand Awareness: Membangun Citra Merek yang Positif

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat berbagai perusahaan saling berkompetisi untuk menarik perhatian pelanggan. Namun, satu aspek yang dapat membuat sebuah perusahaan lebih menonjol dibandingkan kompetitornya adalah adanya brand awareness

Aspek ini memperlihatkan bagaimana pelanggan dapat mengenali sebuah merek hingga memilih merek tersebut di antara berbagai opsi yang ada. Maka dari itu, brand awareness merepresentasikan popularitas hingga loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Pahami lebih lanjut tentang apa itu brand awareness serta strategi jitu untuk meningkatkannya.

Apa yang Dimaksud dengan Brand Awareness?

Pengertian brand awareness atau kesadaran terhadap merek adalah istilah marketing yang menunjukkan sejauh mana pelanggan dapat mengenali suatu produk berdasarkan nama mereknya. Hal ini memperlihatkan bagaimana pelanggan mampu mengingat dan membedakan sebuah merek dibandingkan merek kompetitor. Brand awareness melibatkan cara menciptakan rasa familiar dan pandangan positif terhadap merek dari target market yang dituju. 

Contoh brand awareness adalah pada merek Apple, di mana pelanggan mampu mengenali merek ini dengan mudah melalui logo apel yang digigit. Pengaruh brand yang kuat seperti Apple akan berdampak pada keputusan pembelian. Dalam hal ini, pelanggan lebih tertarik membeli produk yang mereka kenal. Bisnis pun berpotensi meningkatkan penjualan, mendorong loyalitas pelanggan, hingga memperkuat keunggulan kompetitif.

Apa Saja Tingkatan dalam Brand Awareness?

Menurut David A. Aaker dalam bukunya yang berjudul Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name, brand awareness terdiri atas 4 tingkatan yang menunjukkan tingkat kesadaran pelanggan terhadap sebuah merek. Beberapa tingkatan tersebut adalah:

No Awareness

No awareness adalah tingkatan terbawah dalam brand awareness. Pada tingkatan ini, pelanggan sama sekali tidak mengetahui eksistensi bisnis tersebut. Ini merupakan titik awal dengan peluang pertumbuhan bisnis yang luas, di mana bisnis masih belum membangun reputasi di industri yang dijalani.

Brand Recognition

Tingkat selanjutnya adalah brand recognition atau pengenalan merek. Tingkatan ini memungkinkan pelanggan untuk langsung mengenali perusahaan melalui penanda visual, seperti logo, slogan, skema warna, kampanye marketing, hingga kemasan produk. 

Brand Recall

Brand recall terjadi saat nama merek atau perusahaan muncul di ingatan pelanggan saat melihat sebuah produk tanpa penanda atau dorongan tertentu. Tingkatan ini merupakan indikator tentang seberapa baik nama merek atau bisnis diingat oleh pelanggan. Misalnya, saat pelanggan ditanyakan seputar minuman soda, nama seperti Coca Cola atau Fanta adalah nama merek yang sering muncul.

Top of Mind

Tingkatan top of mind merujuk pada bagaimana pelanggan mengetahui segala produk atau layanan yang dimiliki sebuah merek serta mengapa pelanggan harus membeli dari merek tersebut. Tingkatan ini merupakan tujuan utama dari proses brand awareness, di mana merek perusahaan menjadi pilihan utama pelanggan. Hal ini juga menunjukkan loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Pada dasarnya, kebanyakan pelanggan lebih memilih produk dari merek yang sudah dikenal. Hal ini menunjukkan adanya kepercayaan terhadap kualitas dari merek tersebut. Maka dari itu, pentingnya brand awareness berpengaruh dalam memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan dan masyarakat luas. Bagi pengusaha yang baru merintis bisnis, hal ini turut berperan dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

Saat pelanggan mempercayai sebuah merek, besar kemungkinan bahwa pelanggan akan melakukan pembelian berulang secara sukarela. Hal ini memperlihatkan bagaimana pelanggan lebih memilih produk tersebut dibandingkan kompetitor, sehingga berdampak dalam menciptakan keunggulan kompetitif. Hasilnya adalah penjualan yang meningkat secara signifikan hingga loyalitas pelanggan kepada perusahaan yang juga meningkat.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Brand Awareness?

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses pembangunan brand awareness di kalangan pelanggan. Adapun faktor-faktor tersebut adalah:

  • Iklan: Strategi marketing melalui iklan memainkan peran vital dalam membangun dan meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek . Strategi iklan yang efektif dapat menjangkau kalangan pelanggan yang lebih luas, sehingga menciptakan citra merek yang mudah diingat.
  • Pengalaman Pelanggan: Pengalaman yang memuaskan dapat meninggalkan kesan positif yang membekas dan ingatan pelanggan. Hal ini dapat memicu promosi dari mulut ke mulut yang nantinya akan meningkatkan brand awareness.
  • Marketing Media Sosial: Banyaknya pengguna sosial membuat platform ini menjadi wadah yang tepat untuk membangun brand awareness. Konten marketing yang konsisten di media sosial dapat meningkatkan visibilitas merek terhadap calon pelanggan.
  • Kualitas Produk: Produk berkualitas tinggi adalah kunci mendorong kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis. Kualitas produk yang menjanjikan dapat mempengaruhi keputusan pembelian serta brand awareness bisnis tersebut.
  • Influencer: Influencer memainkan peran penting dalam mempromosikan perusahaan dan meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek, terutama di kalangan kelompok audiens yang sudah dibangun influencer tersebut.

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness?

Upaya meningkatkan brand awareness meliputi berbagai strategi yang berfokus pada konsistensi, eksistensi, hingga memberikan hasil yang mengesankan untuk pelanggan. Beberapa strategi yang bisa Anda terapkan adalah:

Bangun Identitas Merek yang Kuat

Langkah pertama dalam proses meningkatkan brand awareness adalah dengan membangun identitas merek yang kuat. Identitas merek meliputi berbagai elemen branding seperti logo, warna, desain visual, hingga bahasa yang digunakan dalam seluruh kampanye marketing. Sebagai contoh, pemilihan warna yang merepresentasikan merek Anda dapat digunakan dalam seluruh visual kampanye marketing. Semua elemen dalam identitas merek bersatu untuk menciptakan citra merek yang konsisten dan mudah diingat pelanggan. 

Utamakan Konsistensi

Konsistensi adalah salah satu kunci dalam membangun dan meningkatkan kesadaran terhadap merek bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda perlu menjaga konsistensi identitas visual perusahaan, nada bahasa, hingga digital output yang tersebar di berbagai platform. Dengan demikian, pelanggan dapat mengetahui bahwa upaya marketing yang dilihat berasal dari sumber yang sama, yaitu perusahaan Anda. Konsistensi juga perlu diterapkan pada kualitas produk, di mana hal ini dapat membangun reputasi bisnis di kalangan pelanggan.

Optimalkan Iklan di Media Sosial

Memanfaatkan layanan iklan di berbagai media sosial memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Kampanye iklan yang efektif berpotensi membuat pelanggan menyadari eksistensi bisnis tersebut serta produk yang ditawarkan. Semakin sering pelanggan melihat iklan Anda, maka merek bisnis Anda akan semakin diingat pelanggan, yang mana merupakan tujuan utama dari dilakukannya brand awareness.

Kolaborasi dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer, terutama dengan niche atau tema yang relevan. adalah strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas merek. Influencer umumnya sudah memiliki kelompok audiens tersendiri, sehingga dapat berdampak signifikan dalam membangun brand awareness. Tidak hanya itu, influencer juga merupakan sosok yang dipercaya audiensnya, sehingga Anda dapat membangun kredibilitas melalui kerja sama dengan influencer

Ciptakan Kesan Pertama yang Luar Biasa dengan Serviced Office dari Effist Suite Office

Meningkatkan brand awareness merupakan langkah krusial untuk membangun eksistensi bisnis yang kuat di pasar. Proses ini dapat diawali dengan menciptakan kesan pertama yang menarik kepada pelanggan. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan memilih serviced office profesional dan berkualitas dari Effist Suite Office.

Melalui layanan serviced office, Anda akan mendapatkan ruang kantor siap pakai dengan fasilitas kantor modern, mulai ruang meeting, pantry, hingga lounge. Tidak hanya itu, tim profesional Effist siap membantu Anda untuk menunjang operasional bisnis tanpa hambatan. Terlebih lagi, lokasi bisnis strategis yang terletak di daerah Jakarta Selatan dapat menonjolkan citra bisnis dan kredibilitas di mata pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut seputar layanan serviced office, segera hubungi kami melalui email contact@effist.com dan temukan bagaimana layanan kami dapat membantu bisnis Anda lebih dikenal dan dipercaya oleh pelanggan.

Editor: Cardila Ladini