News and Article

Persiapan dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Travel Agent

Meredanya masa pandemi membebaskan pergerakan masyarakat yang sebelumnya dibatasi akibat kebijakan PSBB. Banyak orang kembali berlibur, baik ke dalam maupun luar negeri. Sektor pariwisata, setelah sebelumnya lesu akibat pandemi, kini mulai bangkit. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan berbagai lokasi wisata menarik memungkinkan adanya peluang bisnis seperti bisnis travel agent.

Jenis usaha ini menawarkan kemudahan bagi turis dalam merencanakan perjalanan sesuai preferensi, mulai dari tempat menginap, biaya perjalanan, hingga lokasi wisata untuk dikunjungi. Ketahui lebih jauh berbagai cara jitu dalam memulai bisnis travel agent dengan artikel berikut ini.

Apa Itu Bisnis Travel Agent?

Bisnis travel agent, atau dikenal juga dengan agen perjalanan, merupakan salah satu jenis jasa yang bergerak di sektor pariwisata. Bisnis travel agent berperan sebagai perantara antara pelanggan dengan tour operator. Dalam hal ini, seorang travel agent menawarkan berbagai paket wisata yang dibuat tour operator kepada pelanggan berdasarkan budget yang dimiliki.

Hal terpenting dari sebuah bisnis travel agent adalah memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman liburan yang memuaskan dan menyenangkan mulai dari keberangkatan hingga kepulangan.

Travel Termasuk Jenis Usaha Apa?

Bisnis travel, dikenal juga dengan bisnis perjalanan, adalah jenis usaha yang bergerak di sektor pariwisata. Usaha travel menyediakan pelayanan terkait perjalanan wisata ke sebuah daerah atau negara. Bisnis travel juga bisa menyediakan pengalaman berlibur lainnya, seperti liburan di kapal pesiar.

Perjalanan wisata tersebut dapat mencakup tempat menginap, jenis transportasi yang digunakan (bis, kereta, pesawat, kapal), hingga daftar lokasi wisata yang ingin dituju. 

Apa Perbedaan Tour Operator dan Travel Agent?

Baik tour operator dan travel agent merupakan bagian dari bisnis perjalanan wisata, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan. Tour operator bertugas menyusun paket wisata dengan berbagai level yang bisa dipilih pelanggan berdasarkan budget yang dimiliki.

Tour operator berfokus pada destinasi wisata yang populer di kalangan turis serta menawarkan paket wisata berdasarkan musim liburan, seperti libur natal, tahun baru, libur hari raya, dan sebagainya. Paket wisata ini sudah meliputi biaya penginapan dan perjalanan berdasarkan level paket yang diminati pelanggan.

Sementara itu, travel agent berperan sebagai jembatan antara pelanggan dan tour operator atau penyedia bisnis perjalanan lainnya. Travel agent mendampingi pelanggan dalam menemukan paket wisata yang sesuai dengan budget.

Tidak hanya itu, travel agent juga dapat memberikan saran mengenai perjalanan wisata yang akan dilakukan pelanggan, seperti destinasi wisata yang sedang populer hingga mencari paket yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memulai Bisnis Travel?

Memulai bisnis travel memang bukanlah hal yang mudah bagi para pebisnis pemula, terlebih bisnis ini sudah ramai dengan kompetitor yang lebih besar. Namun, dengan perencanaan bisnis yang matang, semua kesulitan saat memulai bisnis dapat dihadapi dengan baik. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat mencoba bisnis travel:

Tentukan Niche Anda

Niche merujuk pada target pasar spesifik yang dituju sebuah bisnis. Niche sangat penting untuk menentukan apa yang akan ditawarkan kepada pelanggan, membedakan bisnis Anda dengan kompetitor, hingga memudahkan strategi marketing ke target pelanggan yang sesuai. Contoh niche dalam bisnis travel adalah wisata religi, wisata petualangan alam liar, atau juga niche travel yang berfokus pada jumlah wisatawan, seperti solo travel, family travel, hingga group travel.

Lakukan Riset Pasar

Setelah menentukan niche, lakukan riset pasar dan tren liburan yang berhubungan dengan niche Anda. Hal ini penting untuk memastikan adanya peluang bisnis yang ditawarkan niche tersebut. Riset dapat meliputi calon pelanggan seperti apa yang tertarik dengan bisnis travel Anda, masalah yang mungkin dialami, serta solusi yang bisa ditawarkan. Tahap ini berguna dalam merancang strategi bisnis yang taktis untuk bisnis travel Anda.

Buat Rencana Bisnis 

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat memulai bisnis apapun adalah membuat rencana bisnis yang strategis. Pengembangan rencana bisnis travel dapat meliputi analisis target pasar, riset kompetitor, produk atau layanan yang akan ditawarkan, perkiraan budget perusahaan yang akan dikeluarkan, hingga berapa banyak karyawan yang akan dipekerjakan. Pertimbangkan juga mitra untuk diajak kerja sama, seperti pihak tour operator, penginapan, armada transportasi, dan pengelola lokasi wisata.

Dapatkan Izin Usaha yang Dibutuhkan

Mendapatkan izin usaha yang resmi sangat penting untuk menjamin operasional bisnis berlangsung lancar dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini juga berguna untuk mewujudkan branding bisnis travel yang terpercaya. Langkah ini perlu dilakukan sebelum bisnis Anda beroperasi secara resmi. 

Kembangkan Branding Perusahaan

Branding memperkenalkan identitas, tujuan, beserta nilai perusahaan kepada audiens.  Salah satu langkah dalam tahap branding adalah menetapkan nama perusahaan yang unik, mudah diingat, dan menonjolkan citra perusahaan. Branding ini akan menjadi dasar dari strategi pemasaran untuk mempromosikan usaha Anda.

Tips Menjadi Agen Tour dan Travel Terpercaya

Kesuksesan bisnis travel agent dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya adalah kepercayaan dan kepuasan pelanggan dalam memakai jasa bisnis travel Anda. Kepercayaan ini dapat mendasari loyalitas terhadap bisnis Anda. Kenali cara berikut untuk membuat bisnis travel agent yang terpercaya:

Fokus pada Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Operasional bisnis travel agent mengharuskan Anda berhubungan langsung dengan pelanggan. Memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas akan mendorong reputasi perusahaan di mata pelanggan. Sikap dalam melayani pelanggan meliputi menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan secara solutif, mendampingi pemilihan paket wisata sesuai keinginan pelanggan, hingga memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman berlibur seperti yang diharapkan. 

Manfaatkan Teknologi

Berbagai badan usaha memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Agen tour dan travel akan membutuhkan teknologi yang tepat agar lebih lancar dalam menjalankan bisnis. Misalnya adalah penggunaan software CRM untuk mengelola data dan interaksi pelanggan. Penggunaan CRM membantu Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan, sehingga tidak ada pelanggan yang merasa diabaikan. Gunakan juga software lain seperti software akuntansi, ticketing system, dan sebagainya untuk menunjang operasional bisnis travel Anda.

Jalin Kemitraan yang Strategis

Menjadi agen tour dan travel mengharuskan Anda untuk bekerja sama dengan pihak ketiga, seperti pihak penginapan, penyedia transportasi, tour operator, atau pemilik lokasi wisata. Kemitraan yang strategis memberikan berbagai pilihan yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan. Pastikan juga mitra Anda adalah mitra berkualitas agar pelanggan merasakan pengalaman liburan yang memuaskan dari awal hingga akhir.

Tingkatkan Promosi dan Pemasaran

Meningkatkan strategi promosi dan pemasaran bermanfaat untuk memperkenalkan bisnis Anda ke calon pelanggan, sehingga mampu meraih pelanggan baru. Strategi ini juga membantu perusahaan agar mampu berkompetisi dalam persaingan bisnis industri travel. Untuk mendorong strategi promosi dan pemasaran, Anda dapat memanfaatkan media sosial, SEO, ads, atau email marketing untuk membuka lebih banyak akses dalam menjangkau pelanggan.

Gunakan Serviced Office

Terlepas dari populernya pelayanan pelanggan secara online, menyewa kantor fisik seperti serviced office dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan reputasi bisnis Anda. Adanya kantor fisik membuat pelanggan yakin dengan keaslian bisnis Anda. Untuk bisnis travel agent, kantor fisik memungkinkan pelanggan untuk datang dan mendiskusikan rencana perjalanan secara langsung. Pemilihan serviced office yang fasilitas yang memadai dapat menunjang kinerja bisnis travel agent secara efektif.

Kesuksesan bisnis travel agent dapat dimulai dengan memilih lokasi kantor yang ideal untuk berbisnis. Sebagai penyedia layanan serviced office di Jakarta Selatan, Effist Suite Office menawarkan tempat kerja terbaik untuk mengakomodasi keperluan bisnis Anda. Dengan desain dan tata letak yang profesional, Effist Suite Office dapat mendukung citra perusahaan di mata pelanggan dan mitra kerja. Fasilitas seperti teknologi perkantoran terbaru, ruang meeting, lounge, pantry, hingga layanan administrasi dan kebersihan mampu mendorong produktivitas perusahaan secara signifikan. 

Tertarik untuk memulai bisnis travel agent Anda di Effist Suite Office? Kunjungi halaman Serviced Office atau hubungi contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut.

Editor: Cardila Ladini