News and Article

Tata Ruang Kantor: Bangun Ruang Kerja yang Produktif

 Bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja di kantor, tata ruang kantor menjadi aspek yang tidak bisa diremehkan. Ruang kantor adalah tempat bagi karyawan menghabiskan jam kerja mereka. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan kenyamanan karyawan melalui penataan ruang kantor yang baik. Perencanaan tata ruang kantor yang baik juga dapat secara signifikan mendorong produktivitas karyawan Anda. Pemahaman mendalam seputar tata ruang kantor akan membantu dalam mengembangkan desain ruang kerja yang nyaman untuk menunjang kinerja karyawan.

Apa Itu Tata Ruang Kantor?

Tata ruang kantor adalah penempatan tempat kerja berdasarkan luas lantai dan ruangan yang tersedia untuk menyediakan tempat kerja yang nyaman. Penataan ruang kerja dapat mencakup furnitur, peralatan kantor, hingga keseluruhan estetika dan fungsi ruangan tersebut. Ruang kerja yang baik adalah ruangan yang mendukung efisiensi dan kerja sama karyawan. Penataan ruang kerja juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental karyawan. Hasilnya, karyawan yang merasa nyaman dengan ruang kerja mereka akan meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan. 

Apa Saja Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor?

Terdapat berbagai jenis tata ruang kantor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Setiap tata ruang memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Ragam penataan ruang kantor berikut ini dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan tempat kerja kolaboratif dan produktif bagi karyawan Anda:

Tata Ruang Kantor Tertutup (Cubicle Office)

Tata ruang kantor tertutup juga dikenal dengan nama cubicle office. Nama ini berasal dari bentuk tempat kerja yang memisahkan setiap meja karyawan dengan partisi pendek yang mengelilingi, sehingga membentuk ruangan yang berkubik. Jenis ini seringkali menampilkan kesan rapi dan teratur serta membutuhkan ruangan yang lebih luas.

Meja yang dipisahkan oleh partisi membuat karyawan memiliki privasi lebih. Karyawan juga  dapat terbebas dari gangguan sehingga meningkatkan produktivitas kerja. Namun, desain ruangan ini menyulitkan atasan dalam memantau kinerja karyawannya. Partisi antar meja juga dapat menghambat komunikasi antar karyawan.

Tata Ruang Kantor Terbuka (Open Office)

Berbagai perusahaan, mulai dari start-up, agensi kreatif, hingga perusahaan besar, memilih ruang kerja terbuka sebagai desain kantor mereka. Dikenal juga dengan nama open office, jenis tata ruang ini membuka batasan dengan mengurangi ruang tertutup untuk mendukung suasana kerja kolaboratif.

Tidak adanya dinding yang memisahkan meja karyawan dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk partisi tersebut dan meningkatkan komunikasi antar karyawan. Ruangan open office juga memiliki kekurangan, seperti privasi karyawan yang cenderung minim. Ruangan yang terbuka juga membuat kebisingan dari karyawan lain terdengar, sehingga mudah merusak fokus saat bekerja.

Tata Ruang Kantor Hybrid

Jenis tata ruang kantor hybrid menjadi salah satu tren baru dalam penataan ruang kerja. Jenis ini menggabungkan tata ruang terbuka dan tertutup untuk menciptakan ruang kerja yang lebih serbaguna. Sebagai contoh, Anda dapat menggabungkan meja kerja demi tertutup dengan ruangan terbuka untuk menunjang sistem kerja yang dinamis.

Kelebihan tata ruang kantor hybrid terletak pada kemudahan karyawan dalam menyesuaikan ruang kerja sesuai kebutuhan. Jenis ini juga mendorong kepuasan kerja karyawan dan meningkatkan produktivitas. Namun, tata ruang ini membuat karyawan mudah terekspos pada kebisingan, sehingga dapat memecah konsentrasi saat bekerja.

Tata Ruang Kantor Bersama (Co-working)

Berbeda dengan jenis sebelumnya, tata ruang co-working mengharuskan Anda untuk berbagi ruang kerja dengan orang-orang dari perusahaan lain. Jenis ini umumnya menggunakan fasilitas sewa kantor dari pihak ketiga, sehingga Anda tidak perlu repot menata ruang kerja untuk karyawan Anda. 

Kelebihan tata ruang co-working adalah biaya yang lebih hemat dari fasilitas yang digunakan bersama-sama. Anda bahkan dapat berkolaborasi dengan orang dari perusahaan lain, sehingga berguna untuk memperluas koneksi. Namun, ruang kerja bersama juga berpotensi menimbulkan kebisingan yang mengganggu konsentrasi karyawan. Kekurangan lainnya adalah diperlukannya booking dari jauh-jauh hari untuk mendapat ruangan yang cukup untuk karyawan Anda. 

Apa Fungsi Tata Ruang Kantor?

Tujuan utama dari penataan ruang kerja adalah memberikan kenyamanan bagi karyawan selama bekerja. Penataan yang tepat harus menjawab kebutuhan perusahaan dan karyawan. Beberapa fungsi tata ruang kantor adalah:

Melancarkan Komunikasi Karyawan

Komunikasi yang efektif antar karyawan merupakan kunci kinerja karyawan yang produktif. Beberapa jenis tata ruang kantor dapat memudahkan karyawan Anda dalam berkomunikasi satu sama lain. Kemudahan berkomunikasi akan menghemat waktu yang dibutuhkan untuk berdiskusi terkait pekerjaan. 

Memudahkan Pengawasan Supervisor

Penataan ruang kerja tertentu dapat memudahkan supervisor dalam memastikan semua karyawan bekerja dengan semestinya. Penempatan yang tepat akan meningkatkan hubungan antara supervisor dengan karyawan lainnya, sehingga menciptakan suasana kerja yang suportif dan kolaboratif. 

Mengoptimalkan Penggunaan Ruangan

Perencanaan ruang kerja yang efisien perlu memaksimalkan penggunaan ruangan yang dipakai sebagai ruang kerja. Dengan demikian, semua titik ruangan dapat digunakan untuk efisiensi pekerjaan karyawan. 

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Penataan ruang kerja yang memperhatikan kenyamanan karyawan berperan dalam membangun reputasi perusahaan yang baik. Tidak hanya itu, desain tata ruang dapat menjadi media dalam mewujudkan nilai dan budaya perusahaan. 

Menciptakan Suasana Nyaman bagi Karyawan

Lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan dapat diterapkan melalui penataan ruang kerja yang baik. Kenyamanan akan membuat karyawan Anda betah dan puas saat bekerja. Aspek dalam tata ruang seperti pencahayaan, kursi, meja, dan penambahan ornamen tanaman dapat mendukung kesehatan fisik dan mental karyawan agar tidak mudah burn-out.

Apa Manfaat Tata Ruang Kantor Bagi Kinerja Karyawan?

Tata ruang kantor memiliki manfaat yang signifikan terhadap kinerja karyawan di tempat kerja. Pengaturan ruang kantor yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, teratur, dan efisien. Manfaat lainnya yang dapat dirasakan karyawan adalah:

Mendorong Produktivitas Karyawan

Penataan ruang kantor yang tepat akan membuat karyawan nyaman selama bekerja. Kenyamanan ini akan berbanding lurus dengan produktivitas yang dihasilkan karyawan. Produktivitas karyawan yang meningkat akan berdampak pada kesuksesan perusahaan dalam mencapai target bisnis. 

Meningkatkan Kolaborasi

Jenis tata ruang kantor tertentu memungkinkan karyawan untuk lebih mudah berkomunikasi satu sama lain. Tata ruang yang optimal dapat meningkatkan komunikasi dengan rekan satu divisi atau lintas divisi dengan baik. Karyawan dapat membicarakan pekerjaan, mendiskusikan ide-ide baru, hingga memecahkan masalah bersama.

Mendukung Kesejahteraan Karyawan

Setiap perusahaan harus mempertimbangkan kesehatan fisik dan mental karyawan mereka untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Penataan ruang kerja yang memadai akan mendukung komunikasi yang sehat antar karyawan. Perencanaan ruang kantor ini tidak hanya meliputi pengaturan meja, tetapi juga sirkulasi cahaya, udara, serta fasilitas lainnya yang menunjang kehidupan karyawan di tempat kerja.

Meningkatkan Retensi Karyawan

Retensi karyawan merujuk pada kemampuan perusahaan dalam mempertahankan karyawan dan mengurangi turnover. Retensi karyawan berhubungan dengan kepuasan karyawan selama bekerja di perusahaan. Penataan ruang kerja yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sehingga mendorong kesejahteraan serta produktivitas karyawan. 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Tata Ruang Kantor yang Baik

Saat merancang ruang kerja, Anda perlu memperhatikan bagaimana menciptakan lingkungan yang nyaman dan ergonomis untuk karyawan Anda. Penataan ruang kerja perlu menjawab kebutuhan karyawan Anda. Perencanaan tata ruang bisa dimulai dari meja dan kursi yang ergonomis, pencahayaan yang memadai, sirkulasi udara yang lancar, hingga suhu ruangan yang nyaman.

Pemilihan warna juga berpengaruh dalam membangun suasana kerja. Anda juga dapat mempertimbangkan ornamen tambahan seperti hiasan atau tanaman untuk menyegarkan ruangan. Pertimbangan lainnya meliputi penyimpanan peralatan kantor, akses yang memudahkan pergerakan karyawan, hingga fleksibilitas perluasan area kerja untuk mengakomodasi kemungkinan karyawan baru di masa depan.

Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas Tim dengan Beralih ke Konsep Serviced Office

Demikian penjelasan seputar tata ruang kantor beserta fungsi dan manfaat yang didapat dari penataan yang baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lingkungan kerja yang nyaman rakan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan Anda. Jika Anda mencari ruang kerja dengan penataan yang efisien, layanan serviced office dari Effist Suite Office adalah solusi terbaik bagi Anda. 

Melalui layanan serviced office dari Effist Suite Office, Anda akan mendapatkan suasana kantor yang produktif dan kolaboratif dengan berbagai fasilitas memadai. Beberapa fasilitas tersebut meliputi meeting room, internet berkecepatan tinggi, lounge, hingga pantry. Lokasi strategis Effist Suite Office yang bertempat di kawasan Jakarta Selatan menjadikannya nilai tambah bagi perusahaan Anda. Pemilihan serviced office dengan tata ruang yang memadai seperti di Effist Suite Office akan mendorong produktivitas karyawan Anda menjadi lebih maksimal lagi. 

Jika Anda tertarik dengan layanan serviced office Effist Suite Office, segera hubungi kami melalui email contact@effist.com.

Editor: Cardila Ladini