News and Article

Trik Jitu Menentukan Target Market yang Tepat

Memahami target market adalah salah satu kunci dalam meraih kesuksesan bisnis. Target market menentukan arah strategi bisnis Anda, mulai dari bagaimana produk dikembangkan hingga bagaimana memasarkan produk melalui media yang tepat. Namun, target market bukan berarti menargetkan semua orang sebagai calon pelanggan Anda, melainkan mengidentifikasi kelompok yang lebih kecil dan lebih relevan, sehingga bisnis Anda dapat mendominasi segmen kelompok pelanggan tersebut.

Konsep target market bukan hanya tentang memilih segmen demografi tertentu, tetapi juga memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan. Pahami lebih lanjut tentang apa itu target market dan cara jitu menentukan kelompok pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Target Market?

Target market adalah sekelompok pelanggan yang memiliki ketertarikan dan karakteristik serupa, seperti misalnya umur, jumlah pendapatan, hobi, hingga gaya hidup. Kesamaan ini membuat mereka diidentifikasi sebagai calon pelanggan yang tertarik membeli produk perusahaan. 

Menentukan target market perusahaan sangat penting untuk merancang hingga memasarkan produk dengan lebih efektif. Hal ini bertujuan agar produk yang dibuat dapat menjangkau kelompok pelanggan yang tepat. Perusahaan dapat menyesuaikan rancangan produk, strategi marketing, hingga strategi penetapan harga untuk menarik kelompok pelanggan tersebut agar tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Apa Saja yang Termasuk Karakteristik Target Market?

Target market mengelompokkan calon pelanggan berdasarkan karakteristik tertentu. Adapun beberapa contoh karakteristik target market tersebut adalah:

  • Usia: Perusahaan dapat menargetkan kelompok pelanggan dalam rentang usia tertentu. Misalnya, produk kecantikan anti-aging menargetkan kelompok pelanggan wanita dewasa pada rentang umur 25–40 tahun.
  • Jumlah Pendapatan: Karakteristik jumlah pendapatan ini mengumpulkan pelanggan menurut nominal penghasilan yang dihasilkan. Aspek ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan.
  • Jenis Kelamin: Karakteristik ini berkaitan erat dengan produk yang memang dirancang untuk jenis kelamin tertentu. Contohnya adalah produk pakaian yang dikhususkan untuk kelompok pelanggan laki-laki atau perempuan saja.
  • Hobi: Karakteristik berupa hobi umumnya berhubungan dengan produk yang memenuhi hobi tersebut. Contohnya adalah produk perlengkapan olahraga untuk orang-orang yang hobi atau tertarik berolahraga.
  • Faktor Geografis: Karakteristik lokasi geografis menargetkan lokasi atau wilayah di mana target market berada. Hal ini dapat mempengaruhi bagaimana produk dipasarkan dan didistribusikan. 
  • Gaya Hidup: Karakteristik ini mengelompokkan pelanggan berdasarkan gaya hidup yang dianut. Misalnya adalah produk vegan yang ditujukan untuk orang-orang dengan menganut gaya hidup vegan.

Apa Perbedaan Target Audience dan Target Market dalam Pemasaran?

Anda mungkin kebingungan dengan istilah target market dan target audience. Meskipun kedua istilah ini terdengar sama, keduanya tetap memiliki perbedaan tersendiri, khususnya pada tingkat cakupannya.

Target market sendiri adalah cakupan yang lebih luas, di mana cakupan ini mengelompokkan pelanggan dengan berbagai kebutuhan dan preferensi. Di sisi lain, target audience merupakan cakupan yang lebih sempit. Kelompok target audience terdiri atas serangkaian individu dengan preferensi yang lebih spesifik. Target audience dapat termasuk ke dalam cakupan target market.

Keduanya sama-sama memiliki ciri khas dan preferensi yang perlu dipahami. Namun, target audience umumnya hanya menjadi target untuk kampanye marketing yang lebih spesifik.

Mengapa Target Market Sangat Penting?

Pentingnya target market didasarkan oleh kebutuhan untuk memahami siapa pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui seperti apa calon pelanggan yang akan membeli produk Anda, preferensi, serta kebutuhan yang mereka miliki. Perusahaan pun dapat menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Cara ini dinilai lebih efektif dan menghemat biaya dibandingkan harus menargetkan kelompok pelanggan dengan cakupan yang terlalu luas. Ketika produk Anda mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, kepuasan dan loyalitas pelanggan pun dapat turut meningkat.

Mengetahui target market juga berguna untuk menyusun rencana marketing yang lebih strategis untuk menarik kelompok pelanggan yang dituju. Misalnya, seperti apa pesan yang ingin disampaikan, visual branding yang ingin ditonjolkan, hingga memilih channel yang tepat untuk menjangkau target market tersebut. 

Misalnya, target market berupa kelompok pelanggan perempuan remaja lebih banyak ditemukan melalui media sosial seperti Instagram atau TikTok. Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan efektivitas kampanye marketing dengan menargetkan kelompok pelanggan yang tepat.

Bagaimana Cara Menentukan Target Market?

Beberapa cara berikut ini dapat Anda terapkan untuk menentukan target market yang tepat bagi bisnis Anda:

Pahami Produk Anda

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memahami fitur-fitur yang ditawarkan produk Anda. Artinya, Anda perlu mengetahui apa saja yang membuat produk Anda diminati pelanggan serta masalah apa yang dapat diselesaikan oleh produk tersebut. Target pelanggan Anda tentunya akan tertarik pada produk yang mampu memecahkan masalah mereka. 

Cara ini memungkinkan Anda untuk melihat nilai produk tersebut, terutama jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Anda juga dapat menonjolkan kelebihan produk dibandingkan dengan produk kompetitor agar lebih menarik di mata pelanggan. Hal ini akan mempermudah upaya untuk memasarkan produk ke pelanggan yang dituju. 

Kumpulkan Data Pelanggan

Setelah memahami nilai produk Anda, langkah berikutnya adalah dengan mengumpulkan data calon pelanggan yang ingin ditargetkan. Untuk pebisnis pemula yang masih merintis dan belum mulai menjual produk, riset data pelanggan dapat dilihat melalui analisis kompetitor. Selain untuk mengenali calon pelanggan yang ingin dituju, langkah ini juga berguna untuk mengenali tren yang sedang ramai di pasar. 

Pengumpulan data pelanggan dapat dibuat menurut karakteristik kelompok pelanggan yang ingin ditargetkan, seperti misalnya umur, lokasi geografis, jumlah pendapatan, gaya hidup, pain points, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda dapat menggencarkan strategi perencanaan produk, marketing, hingga penjualan untuk kelompok pelanggan yang tepat.

Buat Profil Pelanggan Ideal Anda

Profil pelanggan adalah representasi mendetail dari pelanggan sebuah perusahaan, termasuk demografis, perilaku pembelian, karakteristik, hingga preferensi. Dari data pelanggan yang sudah dikumpulkan, Anda dapat menyaringnya menjadi kelompok kecil dan membaginya berdasarkan kategori tertentu untuk jenis produk yang berbeda. 

Anda dapat membuat profil pelanggan ideal menurut 4 kategori segmentasi, yaitu demografi (usia, jenis kelamin, jumlah pendapatan, pendidikan), psikografi  (kepribadian, minat, gaya hidup, kepercayaan, nilai hidup), behavioral (perilaku pembelian), dan geografis (negara, provinsi, kota, hingga aspek geografis lainnya).

Lakukan Analisis Kompetitor

Memiliki kompetitor adalah hal yang lumrah dalam persaingan bisnis. Kompetitor Anda dapat menyediakan berbagai informasi penting, terutama jika kompetitor memiliki target market dan audience yang sama. Misal, Anda dapat melihat kampanye marketing kompetitor, mulai dari penyampaian pesan hingga media yang digunakan untuk melakukan kampanye tersebut. Analisis kompetitor ini dapat menjadi insight dalam merancang strategi marketing serta mengidentifikasi aspek yang bisa ditingkatkan, sehingga mampu menjangkau target yang diinginkan. 

Tingkatkan Jangkauan Bisnis Anda Ke Target Pasar yang Lebih Luas dengan Virtual Office!

Memiliki strategi yang efektif untuk mencapai target pasar yang lebih luas sangatlah penting bagi pertumbuhan dan keberhasilan bisnis. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan memanfaatkan virtual office dari Effist Suite Office. Layanan ini tidak hanya menawarkan fleksibilitas dan efisiensi, tetapi juga mendukung bisnis untuk memperluas jangkauan tanpa memerlukan investasi besar pada ruang kantor fisik.

Effist Suite Office menyediakan solusi kantor virtual yang dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dan mencapai target pasar yang lebih luas. Dengan layanan yang komprehensif, mulai dari alamat bisnis prestisius, dukungan administrasi dan sekretarial profesional, hingga ruang meeting modern, Effist Suite Office memastikan bahwa bisnis Anda dapat beroperasi dengan efisien.

Jangan ragu untuk memilih Effist Suite Office sebagai mitra terpercaya dalam mewujudkan visi bisnis Anda yang lebih besar. Untuk informasi lebih lanjut seputar layanan virtual office, Anda dapat menghubungi melalui email contact@effist.com

Editor: Cardila Ladini