News and Article

5 Tips Jitu Menjadi Bisnis Owner yang Sukses

Menjadi seorang pebisnis kini menjadi salah satu impian banyak orang. Menjalankan bisnis sendiri membawa beberapa keuntungan menarik, seperti misalnya lebih bebas mengejar minat atau mengatur sendiri jadwal dan beban kerja. Seorang bisnis owner pun dapat menjadi bos untuk dirinya sendiri. Terlepas dari keuntungan tersebut, perjalanan menjadi bisnis owner yang sukses tidaklah mulus. 

Seorang pemilik bisnis tidak hanya memerlukan terobosan yang inovatif atau rencana bisnis yang kuat, tetapi juga pemikiran strategis, ketekunan, keberanian, serta kolaborasi aktif. Bagi Anda yang tertarik memulai perjalanan menjadi seorang pengusaha, kenali lebih jauh tentang apa itu bisnis owner beserta langkah yang diperlukan untuk menjadi pemilik usaha yang sukses.

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Owner?

Bisnis owner atau pemilik bisnis adalah seseorang yang memiliki dan mengelola bisnisnya sendiri. Bisnis owner dapat menjadi pemilik tunggal atau berbagi kepemilikan dengan orang lain. Bisnis yang dijalankan dapat berasal dari ide sendiri, mengikuti bisnis franchise, hingga membeli bisnis yang sudah ada sebelumnya. Pemilik bisnis bertanggung jawab atas semua aspek bisnis, termasuk keputusan strategis, pemasaran, keuangan, dan operasional. Contoh bisnis owner bisa berupa pemilik toko online, pemilik restoran, bahkan freelance penjual jasa. 

Pemilik bisnis memiliki kontrol penuh atas bisnis mereka, mulai dari menentukan visi dan misi perusahaan hingga mengawasi setiap bagian dari operasionalnya. Menjadi pemilik bisnis memberikan kebebasan dan kontrol yang tidak dimiliki oleh karyawan atau manajer perusahaan. Pemilik bisnis juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka sesuai dengan visi dan impian mereka sendiri.

Apa Tugas Seorang Owner?

Seorang pemilik bisnis bertanggung jawab dalam mengelola dan menjalankan bisnis mereka. Maka dari itu, terdapat beberapa tugas penting yang perlu dilakukan pemilik bisnis untuk memastikan operasional bisnis berlangsung lancar:

  • Strategi Bisnis: Pemilik bisnis bertanggung jawab dalam menentukan arah bisnis berkembang. Pemilik bisnis perlu mengembangkan strategi bisnis taktis yang meliputi rencana produk, pengelolaan keuangan, menetapkan deadline, hingga menetapkan keseluruhan target bisnis.
  • Pengelolaan Keuangan: Sebagai modal usaha, pemilik bisnis dapat mempertimbangkan pinjaman ke bank, mencari investor, atau memakai tabungan. Biaya pengeluaran untuk operasional bisnis juga perlu diperhitungkan, seperti pengembangan produk, marketing campaign, hingga penggajian karyawan. 
  • Sumber Daya Manusia: Pemilik bisnis bertanggung jawab dalam membentuk tim hebat untuk menjalankan bisnis yang sukses. Hal ini tidak terbatas pada proses perekrutan saja, tetapi juga pelatihan dan pembagian beban kerja. 
  • Legal: Penting untuk pemilik bisnis untuk memahami berbagai aspek legal dalam menjalankan bisnis, mulai dari peresmian usaha, pembuatan kontrak, kewajiban pajak, hingga dasar hukum ketenagakerjaan. 
  • Marketing dan Sales: Promosi yang baik akan membantu bisnis dan produk Anda agar dikenal pelanggan. Promosi yang kreatif dan konsisten akan mendukung angka penjualan perusahaan, sehingga Anda dapat menghasilkan keuntungan dari bisnis yang sedang dijalankan.
  • Pelayanan Pelanggan: Pelanggan merupakan roda penggerak bisnis Anda. Memberikan pelayanan terbaik akan membuat pelanggan kembali bertransaksi dengan Anda, sehingga memunculkan loyalitas terhadap bisnis. Pelayanan pelanggan yang baik juga akan mendukung reputasi bisnis Anda.

Apa Bedanya CEO dan Bisnis Owner?

Baik CEO maupun bisnis owner termasuk ke dalam jajaran pemimpin bisnis yang mengawasi perkembangan bisnis. Banyak orang menganggap CEO dan bisnis owner adalah dua hal yang sama. Namun, keduanya memiliki perbedaan tertentu pada peran dan tanggung jawab yang dimiliki.

CEO, atau yang juga dikenal sebagai Chief Executive Officer, berperan sebagai pimpinan manajemen tertinggi di sebuah perusahaan. Seorang CEO umumnya ditunjuk oleh jajaran direktur. CEO bertanggung jawab dalam membuat berbagai keputusan bisnis strategis, mengembangkan strategi bisnis untuk jangka panjang, serta mewakili perusahaan di depan media dan publik. 

Sementara itu, bisnis owner adalah seorang individu yang menemukan dan memulai sebuah usaha. Jika usaha tersebut ditemukan oleh lebih dari satu orang, maka pemiliknya disebut co-owner. Bisnis owner memiliki kendali penuh atas bagaimana bisnis akan berjalan, mulai dari strategi hingga tujuan bisnis yang ingin diraih.

Seorang bisnis owner dapat menjadi CEO, tetapi tidak semua CEO merupakan bisnis owner. Meski demikian, keduanya berperan penting dalam mencapai kesuksesan perusahaan.

Bagaimana Caranya Menjadi Bisnis Owner yang Sukses?

Proses memulai bisnis merupakan perjalanan yang penuh lika-liku. Seorang bisnis owner memikul tanggung jawab berat untuk memastikan bisnis tetap beroperasi. Menjadi bisnis owner yang berhasil tentunya menjadi impian banyak pengusaha. Berikut ini adalah cara jitu menjadi bisnis owner yang sukses:

Tetapkan Tujuan Bisnis Anda

Memiliki tujuan bisnis yang jelas dan spesifik akan membantu perkembangan bisnis yang lebih terarah dan terorganisir. Bisnis owner dapat lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya dengan lebih efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan bisnis haruslah dapat diukur dan realistis, sehingga Anda dapat memantau performa bisnis secara efektif. 

Fokus Pada Pelanggan

Pelanggan merupakan kunci untuk menjaga kelangsungan bisnis. Bisnis owner yang cerdas akan menempatkan pelanggan sebagai fokus utama. Misalnya, produk yang menjawab kebutuhan atau masalah pelanggan akan lebih menarik perhatian, sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya. Anda juga perlu mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan melalui pelayanan yang sigap dan ramah, yang mana akan berdampak baik pada citra bisnis.

Kenali Kompetitor Anda

Bisnis owner yang cerdas perlu mengenali kelebihan dan kekurangan kompetitor dengan lebih baik. Misalnya adalah mengadopsi strategi bisnis yang cocok dengan usaha Anda atau mempelajari kegagalan yang dialami kompetitor. Dari kompetitor, Anda dapat menemukan peluang bisnis atau melihat aspek yang bisa ditingkatkan dalam bisnis. Anda juga akan mendapatkan insight menarik tentang cara mengoperasikan bisnis dengan baik.

Bersikap Fleksibel

Sikap fleksibel bertujuan agar bisnis owner siap menghadapi perubahan pasar, permintaan pelanggan, atau perubahan teknologi. Jika sebuah bisnis hanya berpaku pada strategi lama, besar kemungkinan bisnis tersebut tergerus oleh kompetitor. Sikap ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menyesuaikan strategi dengan tren saat ini. Dengan demikian, bisnis Anda akan tetap relevan dan mampu bersaing dengan baik.

Berani Mengambil Risiko

Keberanian mengambil risiko memungkinkan bisnis owner dalam mencapai tujuan yang lebih besar dibandingkan dengan yang bertindak dengan aman. Risiko membantu seseorang untuk berkembang dan belajar dari setiap kesalahan yang mungkin terjadi. Namun, mengambil risiko juga memerlukan keterampilan dalam mengukur dan mengelola risiko tersebut. 

Orang yang berani mengambil risiko juga sering kali menjadi inovator dan pemimpin, karena mereka tidak takut untuk mencoba hal-hal baru. Dengan memiliki sikap berani mengambil risiko, seseorang dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam kehidupan mereka.

Mulai Perjalanan Bisnis yang Sukses Bersama Effist Suite Office!

Demikian 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan kesuksesan sebagai bisnis owner. Selain menerapkan 5 tips di atas, langkah penting lainnya dalam menjalankan bisnis yang sukses adalah memilih ruang kantor dengan lokasi yang strategis. 

Layanan ruang kantor seperti serviced office dan virtual office dapat menjadi pilihan ruang kantor yang lebih ramah biaya untuk usaha Anda. Sebagai penyedia layanan serviced office dan virtual office, Effist Suite Office dapat menjadi solusi ideal untuk mewujudkan kesuksesan bisnis Anda. 

Berlokasi di pusat bisnis Jakarta Selatan, Effist Suite Office menawarkan fasilitas kantor lengkap dengan teknologi modern untuk mengoptimalkan operasional bisnis sehari-hari. Selain ruang kantor profesional, fasilitas seperti ruang meeting, pantry, dan business lounge dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan produktivitas perusahaan

Dengan memanfaatkan layanan Effist Suite Office, Anda akan mendapatkan wadah solid untuk meluncurkan bisnis Anda menuju puncak kesuksesan. 

Jangan ragu lagi, segera buat keputusan yang tepat untuk masa depan bisnis Anda!

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Effist Suite Office, Anda dapat menghubungi email contact@effist.com.

Editor: Cardila Ladini