News and Article

Virtual Office: Tren Berkantor Ala Startup

Sekarang ini dapat kita lihat pertumbuhan perusahaan-perusahaan baru seperti startup mulai banyaknya didirikan di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari peran serta anak muda kreatif serta didukung oleh pertumbuhan teknologi digital. Dilain sisi, tren virtual office tumbuh pesat seiring dengan banyaknya pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup. Hal ini merupakan kombinasi yang sangat baik antar pertumbuhan pengusaha dan konsep tren bekerja yang baru dengan menggunakan virtual office yang sangat membantu para founder startup yang belum memiliki banyak modal untuk memulai bisnis. Pada dasarnya, virtual office adalah sebuah kantor yang mana para penyewa hanya bisa memiliki alamat dari kantor tersebut saja, namun tidak memiliki bangunan fisik. Sehingga, perusahaan penyewa akan terdaftar dalam alamat virtual office tersebut namun tidak memiliki ruangan kantor di gedung tersebut. Untuk itu, penyewa hanya memiliki kantor virtual, bukan kantor fisik.

Peran Virtual Office Bagi Perusahaan Startup

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, virtual office memiliki bentuk yang berbeda dari kantor konvensional pada umumnya. Yakni tidak adanya bangunan fisik layaknya sebuah kantor yang sering kita temukan. Namun, meskipun berupa virtual, kantor ini tetap mampu digunakan secara maksimal oleh para founder startup. Virtual office sendiri memiliki peran penting bagi pengusaha rintisan atau startup khususnya dalam menjalankan operasional perusahaan. Berikut kami rangkum peran virtual office menjadi tren berkantor ala startup.

  1. Menghemat Biaya Sewa Kantor

Sewa kantor konvensional akan membutuhkan biaya anggaran yang tinggi, jika anggaran ini bisa ditekan maka pengeluaran perusahaan akan berkurang. Bagi perusahaan rintisan, tujuan dari menghemat biaya sewa kantor ini adalah agar keuntungan semakin bertambah. Sehingga, perusahaan bisa mengalokasikan biaya yang biasanya untuk menyewa kantor konvensional agar dipakai untuk mengembangkan bisnis.

  1. Pemakaian Waktu Lebih Efisien

Waktu kerja perusahaan startup yang fleksibel membuat banyak founder startup yang memanfaatkan tren berkantor ini. virtual office membuat karyawan menjadi lebih produktif bahkan bisa mencapai waktu kerja 24 jam dalam sehari. Karena penggunaan virtual office tidak mengharuskan seseorang datang ke suatu tempat, maka sudah pasti hal tersebut dapat mengefisienkan waktu. Ketika ingin melakukan pekerjaan kantor, karyawan cukup membuka perangkat komputer atau laptop saja, kemudian menggunakan koneksi internet untuk bekerja.

  1. Memungkinkan Karyawan Terhindar Dari Kemacetan

Penggunaan virtual office juga memungkinkan karyawan perusahaan terhindar dari kemacetan di jalan. Mengapa demikian? Berbeda dengan kantor konvensional yang mengharuskan karyawan untuk datang ke kantor dengan melewati lalu lintas jalanan, adapun virtual office dapat diakses dari rumah ataupun tempat lainnya. Sehingga tidak perlu membuang banyak waktu di jalanan, dan dapat terhindar dari kemacetan.

  1. Mendukung Proses Kerja yang Lebih Fleksibel

Meskipun diakses secara online, namun penggunaan kantor virtual office ini tidak akan menggangu produktivitas karyawan dalam bekerja. Bahkan, hal ini akan memberikan kemudahan di saat sedang berada di luar kota, namun tetap ingin bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Nah, itulah beberapa peran penting virtual office sebagai suatu tren berkantor ala pengusaha rintisan atau startup khususnya dalam menjalankan operasional perusahaan. Namun, virtual office tentu juga bisa dimanfaakan oleh siapa saja. Termasuk Anda yang baru saja membangun usaha atau bisnis baru skala mikro atau kecil. Sehingga, fokus pengalokasian dana Anda bisa lebih diutamakan untuk pemasaran dan pengembangan bisnis. Selain itu rekan bisnis serta anggota tim Anda menjadi lebih fokus dalam pengembangan bisnis tanpa harus pusing memikirkan fasilitas yang harus di sediakan.

Tertarik mengunakan tren berkantor ini? Effist Suite Office merupakan perusahaan penyedia layanan virtual office yang memiliki visi untuk mendukung ekspansi bisnis di Indonesia. Di Effist, Anda tidak hanya mendapatkan alamat kantor, Effist juga menawarkan fasilitas lain seputar operasional seperti layanan resepsionis, menerima paket, nomor telepon perusahaan, meeting room, serta video conference. Yang akan ditangani langsung oleh staff professional Effist untuk keperluan perusahaan Anda. Mari ikut tren berkantor ala startup di Effist Suite Office!

 

Hubungi kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon (021) 296 07500 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenail virtual office.