News and Article

Tips Sukses Meeting dengan Klien Bisnis Anda

Meeting dengan klien merupakan satu kegiatan yang sering dilakukan dalam dunia bisnis atau law office. Meeting menjadi satu momen penting untuk meyakinkan klien agar dapat bekerja sama dengan baik secara profesional. Namun tingkat kesuksesan meeting biasanya ditentukan dengan perencanaan yang baik dan situasi yang mendukung. Tentu saja, Anda pasti menginginkan meeting bersama klien Anda dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Dengan begitu, waktu, tenaga dan upaya Anda tidak terbuang sia-sia. Untuk itu Anda perlu menarik perhatian klien yang secara otomatis dapat memengaruhi perkembangan bisnis menjadi lebih baik. Lantas, apa yang harus Anda lakukan? Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips sukses meeting dengan klien bisnis Anda.

5 Tips Sukses Meeting dengan Klien

Dalam melaksanakan meeting bersama klien, tentu saja ada beberapa poin yang harus Anda ketahui agar meeting bisa berjalan dengan lancar. Jadi, apa saja tips sukses meeting dengan klien? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1.      Persiapkan Semuanya dengan Matang

Tips yang pertama yaitu mempersiapkan semuanya secara matang sebelum memulai meeting dengan klien. Cari tahu nama klien yang akan Anda temui di dalam meeting, persiapkan pakaian yang sesuai, dan tentu saja materi yang harus dipresentasikan nantinya. Jika perlu, Anda bisa latihan terlebih dahulu agar Meeting dapat berjalan dengan lebih lancar.

2.      Susun Agenda Meeting

Setelah mempersiapkan semuanya dengan matang, selanjutnya Anda harus membuat agenda. Dalam agenda, Anda dapat menulis apa saja hal yang akan dibahas dan seperti apa urutan pembahasan tersebut. Tak peduli seberapa santai sebuah meeting yang akan Anda laksanakan, sebaiknya agenda meeting selalu dibuat agar pertemuan bisnis Anda terstruktur dengan rapi. Jangan lupa juga berikan agenda ini pada para peserta meeting agar mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik.

3.      Buat Kesan Profesional

Bertemu dengan klien yang notabene adalah orang-orang penting untuk bisnis dan perusahaan Anda tentu saja menjadi perkara penting. Anda tidak boleh main-main saat bertemu dengan mereka baik dalam hal penampilan maupun tempat melaksanakan meeting tersebut. Dengan membuat diri Anda berpenampilan secara formal dan profesional, klien Anda akan memandang Anda sebagai orang yang profesional pula. Selain penampilan, tempat melakukan pertemuan juga harus terkesan profesional. Untuk itu, buat kesan pertama klien Anda positif dengan meeting room yang didukung oleh fasilitas lengkap agar Anda pun bisa lebih sukses dalam pertemuan bisnis Anda.

4.      Buat Catatan

Selanjutnya, hal yang harus Anda lakukan ketika meeting dengan klien adalah mencatat poin penting pertemuan. Pertemuan bisnis Anda yang pertama bisa jadi akan berlanjut dengan pertemuan yang berikutnya. Di sinilah Anda harus cerdik untuk bisa memperbaiki hal-hal yang kurang dari pertemuan sebelumnya. Untuk itu Anda memang harus membuat catatan terkait poin-poin penting yang dihasilkan dari pertemuan Anda tersebut. Dengan adanya poin-poin penting yang telah dicatat tadi, Anda akan lebih mudah untuk memperbaiki maupun melengkapi dokumen yang diperlukan untuk pertemuan yang berikutnya. Selain itu, akan membantu Anda mendapatkan insight dari pertemuan tersebut.

5.      Mengirim Email Follow-up

Terakhir, seusai meeting dengan klien pastikan Anda mengirimkan email follow-up berisikan poin-poin yang sudah didiskusikan dan mungkin keputusan yang telah diambil. Tujuan dari follow-up adalah untuk memancing respon dari klien terkait tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya. Selain itu dengan memberikan email follow-up, Anda akan terlihat lebih profesional dan dapat diandalkan.

Itu dia 5 tips yang wajib Anda ikuti jika ingin meeting dengan klien berjalan dengan sukses. Intinya adalah untuk menjalankan meeting yang sukses bersama klien, usaha harus dijalankan sebelum, saat, dan setelah meeting selesai. Sukses dalam melaksanakan meeting yang efektif bersama klien dapat Anda lakukan dengan mudah di Effist Suite Office. Meeting Room di Effist Suite Office sebab ditunjang dengan meeting room private, nyaman, dan memiliki fasilitas dan perlengkapan meeting lengkap. Selain  meeting dengan klien, Effist Suite Office dapat digunakan untuk internal meeting perusahaan, workshop, training, dan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan meeting Anda.

 

Jika Anda tertarik dengan Meeting Room di Effist Suite Office, Anda dapat menghubungi kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon 02129607500.

 

Baca juga: Dampak dari Meeting yang Tidak Efektif