News and Article

Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan Startup

Setiap perusahaan ingin mengeluarkan biaya operasional seminim mungkin dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Sebab, menghemat biaya operasional merupakan salah satu cara agar memperoleh keuntungan perusahaan. Jadi jika pemasukan dan biaya operasional tidak seimbang, maka akan terjadi kerugian. Maka dari itu, biaya operasional menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh para pengusaha terlebih lagi bagi perusahaan startup.

Tips Menghemat Biaya Operasional

Salah satu kunci agar startup cepat berkembang adalah mengatur keuangan seefisien mungkin. Perusahaan dituntut untuk bisa menghasilkan keuntungan besar namun dengan biaya yang kecil. Strategi dalam menghemat biaya operasional memang berbeda-beda bagi tiap bisnis. Namun kali ini kita akan membahas beberapa hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan strartup untuk memotong anggaran biaya operasional. Berikut adalah tips menghemat biaya operasional yang bisa diterapkan untuk menekan biaya operasional perusahaan startup Anda:

1.      Beralih dari Kantor Konvensional ke Virtual Office

Salah satu opsi yang banyak dipilih oleh perusahaan masa kini untuk menghemat biaya operasional kantor adalah mengganti kantor konvensional yang mereka gunakan menjadi virtual office. Dengan fasilitas yang sama lengkap bahkan lebih baik daripada kantor konvensional, bisnis yang Anda jalankan tetap bisa berjalan lancar. Selain itu, dengan virtual office Anda dapat menyewa ruangan kantor sesuai kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda bisa berhemat banyak meski harus berbagi ruangan dengan perusahaan lain.

2.      Manfaatkan Teknologi dengan Maksimal

Apabila dulu segalanya harus dilakukan secara offline yang berarti Anda harus bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun dengan adanya teknologi internet saat ini, Anda bisa melakukan berbagai hal tanpa perlu berpindah tempat. Mulai dari melakukan pemesanan produk/layanan, mendelegasikan tugas dan berkomunikasi dengan tim, memesan stok, menghubungi klien, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Anda lakukan dengan bantuan teknologi. Selain menghemat waktu, adanya teknologi juga membantumu dalam menghemat biaya. Dengan fleksibilitas dan kepraktisan yang ditawarkan, Anda bisa menyesuaikan berbagai keperluan bisnis dengan lebih efisien baik dari segi biaya maupun waktu.

3.      Manfaatkan Fasilitas yang Disediakan Penyedia Virtual Office

Banyak pengusaha yang melakukan rapat dengan menyewa tempat-tempat beranggaran tinggi seperti hotel dan vila. Anda mungkin mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan oleh tempat-tempat tersebut. Namun, apakah biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan apa yang didapat? Alih-alih mengeluarkan dana lebih untuk menyewa tempat di luar, Anda bisa memanfaatkan fasilitas meeting room yang disediakan penyedia layanan virtual office. Anda juga bisa menggunakan fasilitas meeting room untuk bertemu klien. Dengan virtual office, Anda tidak hanya akan menghemat biaya sewa gedung, tapi juga fasilitas seperti meeting room, layanan penjawab telepon dan mail handling. Karena Anda tidak perlu datang ke kantor setiap hari, proses kerja juga bisa jadi lebih hemat waktu, tenaga dan biaya.

 

Itulah beberapa tips menghemat biaya operasional yang bisa diterapkan untuk menekan biaya operasional perusahaan startup Anda. Nah, untuk menjawab kebutuhan perusahaan startup dengan modal terbatas namun membutuhkan kantor untuk menjalankan proses operasional bisnis, Effist Suite Office menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Effist sebagai penyedia layanan virtual office, memberikan penawaran dengan harga yang terjangkau. Dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat menjalankan bisnis Anda sesuai dengan kapasitas dan lebih efektif serta efisien.

Dengan menyewa virtual office di Effist Suite Office, maka Anda pun akan mendapatkan berbagai fasilitas menarik. Fasilitas yang ditawarkan mulai dari alamat yang bisa Anda gunakan sebagai alamat perusahaan hingga meeting room yang dapat digunakan dengan layanan internet gratis. Perusahaan Anda juga tidak perlu merekrut pegawai untuk call handling atau resepsionis, karena semuanya telah Effist sediakan.

 

Hubungi kami di contact@effist.com atau nomor telepon (021) 296 07500 untuk informasi lebih lanjut.