News and Article

Peran Virtual Office dalam Mendukung Perusahaan Startup di Indonesia

Kehadiran virtual office sebagai upaya pengurangan penggunaan lingkungan kantor secara fisik. Pengurangan tersebut bertujuan sebagai efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya operasional. Konsep berkantor ini diharapkan dapat memberikan penghematan yang signifikan dibandingkan menyewa kantor konvensional. Karena begitu banyak keuntungan yang ditawarkan, keberadaan virtual office bak menjadi angin segar tak terkecuali bagi para founder stratup. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas secara detail mengenai peran virtual office dalam mendukung perusahaan startup khususnya di Indonesia.

Meningkatnya Kebutuhan akan Virtual Office untuk Perusahaan Startup

Tren transformasi digital yang kini diadopsi oleh berbagai sektor tak terkecuali perusahaan startup, membuat kebutuhan virtual office semakin meningkat. Keberadaan virtual office menjadi salah satu pendorong pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia. Terlebih, jumlah perusahaan startup ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini dipicu dari penggunaan internet dan media digital yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat umum. Mengingat bahwa banyaknya perusahaan startup yang bermunculan, tentu kebutuhan akan virtual office kian meningkat.

Peran Utama Virtual Office untuk Perusahaan Startup

Jika melihat perkembangan zaman saat ini, ada beberapa alasan mengapa kantor virtual atau virtual office sangat tepat bagi perusahaan startup. Salah satu alasan mengapa perusahaan startup sangat cocok untuk menggunakan virtual office adalah karena alasan efisiensi anggaran pada fase awal. Tentu jika startup yang baru memiliki 3-5 karyawan dan langsung menyewa ruang kantor di perkantoran bisa jadi sangat memberatkan. Apalagi salah satu syarat untuk mendirikan perusahaan juga memerlukan domisili di mana perusahaan bekerja, sehingga mau tidak mau perusahaan harus menyewa kantor. Dengan kehadiran virtual office, perusahaan startup yang baru saja berdiri tidak lagi pusing untuk memikirkan masalah-masalah tersebut. Setidaknya ada 4 peran utama virtual office untuk perusahaan startup yang perlu Anda ketahui.

  • Sebagai domisili perusahaan untuk berbagai kebutuhan seperti syarat mendirikan perusahaan.
  • Meningkatkan citra perusahaan dengan memiliki lokasi kantor yang strategis atau di pusat bisnis.
  • Sebagai domisili perusahaan untuk informasi alamat kantor kepada klien atau pelanggan.
  • Mengurangi biaya sewa kantor konvensional yang relatif lebih mahal.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa penggunaan virtual office sangat berperan penting dan dibutuhkan bagi perusahaan startup. Dalam upaya mendukung ekspansi perusahaan stratup di Indonesia, Effist Suite Office menyediakan layanan virtual office sebagai alternatif bagi para pelaku usaha seperti startup. Kami menghadirkan layanan virtual office untuk memenuhi kebutuhan perusahaan startup terhadap ruang kantor. Di dukung dengan lokasi kantor yang strategis, tentu membuat virtual office kami menjadi pilihan yang ideal bagi Anda.

 

Tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai virtual office, hubungi kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon 02129607500 untuk berkonsultasi langsung.

 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Beralih ke Virtual Office