News and Article

Simak 6 Cara Membangun Networking dengan Efektif!

Bukan rahasia umum bahwa networking adalah salah satu kemampuan penting yang diperlukan dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi, memulai hubungan, dan mempertahankannya untuk mendapat manfaat dari hubungan tersebut. 

Networking dalam dunia kerja tidak hanya berfokus pada menghadiri acara sosial dan bertemu orang baru, tetapi juga mengembangkan hubungan strategis untuk mendukung kesuksesan bisnis. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang cara membangun hubungan secara profesional, artikel ini akan menjawab seluk beluk networking yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya itu, artikel ini juga akan membahas tips terbaik dalam membangun networking efektif yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Networking?

Pengertian networking merujuk pada proses membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain. Dalam dunia profesional, networking berperan untuk membentuk dan mempertahankan hubungan profesional dengan pihak seperti klien atau orang di industri serupa. Namun, tidak jarang networking yang baik memperluas koneksi dengan orang-orang di industri lain, sehingga menambah insight terkait bagaimana bisnis berlangsung di bidang yang berbeda.

Hubungan yang dibangun melalui networking umumnya didasarkan pada pengalaman bisnis, minat, atau keahlian yang sama. Kemampuan networking yang baik akan sangat menguntungkan seorang pekerja maupun seorang pengusaha. Hal ini disebabkan oleh luasnya manfaat yang didapatkan dari networking, mulai dari peluang bisnis, tawaran pekerjaan, kesempatan kerja sama, hingga insight industri terkini yang berguna untuk perkembangan bisnis.

Apa Pentingnya Networking untuk Bisnis?

Salah satu kunci untuk mendukung keberhasilan sebuah bisnis adalah melalui networking skill yang mumpuni. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat bagi pebisnis pemula maupun pengusaha yang sudah berbisnis selama bertahun-tahun. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki koneksi yang luas dan kuat dapat membuka pintu-pintu baru untuk peluang, kolaborasi, dan pertumbuhan bisnis. Melalui networking, bisnis dapat memperluas cakupan pasar, mendapatkan informasi tentang tren industri, dan menemukan sumber daya yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. 

Networking juga dapat membantu menciptakan koneksi dengan para pemangku kepentingan, calon pelanggan, dan mitra bisnis yang mungkin sulit tercapai tanpa terjalinnya hubungan yang kuat. Maka dari itu, penting bagi setiap individu dalam dunia bisnis dan profesional untuk aktif dalam kegiatan networking, sehingga dapat memperoleh manfaat yang membantu dalam pengembangan karir dan bisnis.

Apa Saja Networking Skill yang Perlu Dikuasai?

Networking adalah sebuah kegiatan yang melibatkan komunikasi aktif antara dua orang atau lebih. Kemampuan ini bukan hanya tentang membentuk hubungan baru, tetapi mendapatkan koneksi berkualitas dengan orang-orang yang tepat. Untuk menciptakan pengalaman membangun koneksi yang mengesankan dan efektif, Anda akan memerlukan beberapa kemampuan penting yang berhubungan dengan cara bersosialisasi dan berkomunikasi:

Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi berfokus pada bagaimana menyampaikan sebuah pesan kepada lawan bicara. Dalam konteks networking, kemampuan berkomunikasi yang baik dapat membantu penyampaian ide berjalan efektif, sehingga lawan bicara dapat memahami maksud pembicara dan merespon pembicaraan tersebut. Kemampuan ini tidak hanya meliputi komunikasi secara oral, tetapi juga komunikasi secara tertulis seperti melalui media sosial atau email.

Mendengarkan Secara Aktif

Networking yang baik tidak hanya mengharuskan Anda untuk berbicara, tetapi juga mendengarkan. Kemampuan ini mengharuskan Anda untuk benar-benar berkonsentrasi, memahami, merespon, serta mengingat apa yang telah dibicarakan sebelumnya. Melalui sikap mendengarkan secara aktif, Anda membuat lawan bicara Anda merasa berharga dan dihormati. Dengan demikian, proses membangun hubungan akan berjalan semakin lancar.

Public Speaking

Proses networking seringkali mengharuskan Anda untuk berbicara di hadapan sekelompok orang. Pada situasi ini, kemampuan public speaking akan sangat berguna untuk menyampaikan ide Anda secara efektif. Public speaking mengharuskan Anda dalam berbicara dengan nada yang jelas dan percaya diri di depan banyak orang. Dengan demikian, lawan bicara dapat memahami ide yang disampaikan. Melalui public speaking yang baik, Anda bisa menghasilkan kesan pertama yang baik dari lawan bicara.

Sikap Positif

Sikap positif merupakan sesuatu yang tidak hanya menguntungkan Anda saat networking, tetapi juga saat berbisnis dan bekerja sama dengan orang lain. Secara umum, sikap positif merujuk pada bagaimana memandang hidup secara positif atau optimis. Sikap ini berperan dalam menciptakan suasana yang positif dan nyaman bagi orang lain, sehingga bermanfaat untuk diterapkan saat membangun koneksi

Empati

Berempati merujuk pada bagaimana memahami perasaan lawan bicara. Dalam hal ini, Anda mencoba untuk memposisikan diri dalam sudut pandang lawan bicara, sehingga lebih mengerti kondisi yang sedang dialami. Banyak orang lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang yang berempati karena kemampuannya untuk peduli dengan situasi lawan bicara. Sikap ini pun akan membantu Anda dalam membangun hubungan dengan lebih baik.

Kemampuan Bersosialisasi

Salah satu kemampuan utama yang diperlukan saat networking adalah kemampuan bersosialisasi. Bersosialisasi tidak hanya mencakup cara berbicara, tetapi juga gestur, gerak tubuh, serta penampilan diri. Kemampuan ini berperan dalam mendukung terjalinnya hubungan baru atau menjaga hubungan yang sudah terbentuk. 

Apa Manfaat dari Networking untuk Bisnis?

Kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya disebabkan oleh strategi bisnis yang cerdas, tetapi juga kekuatan networking yang luas. Networking yang kuat dapat memberikan manfaat yang menguntungkan bisnis, seperti:

Menghasilkan Lead untuk Bisnis

Networking dapat menjadi kesempatan untuk mempromosikan bisnis Anda kepada lawan bicara. Anda pun dapat meningkatkan brand awareness melalui networking. Kontak dari hasil menjalin koneksi tersebut dapat mempertemukan Anda dengan lead atau calon pelanggan untuk bisnis Anda, sehingga bermanfaat untuk mendorong penjualan secara signifikan.

Membuka Peluang Kerja Sama

Manfaat lainnya dari networking adalah memfasilitasi peluang kerja sama dengan perusahaan lain. Saat berinteraksi dengan pelaku usaha lainnya, Anda dapat saling mengetahui bisnis yang sedang dijalankan. Networking memberikan kesempatan untuk menawarkan value bisnis Anda kepada pelaku usaha lainnya. Hasilnya, Anda dapat mengamankan beberapa kontrak kerja sama yang saling menguntungkan.

Memahami Lebih Jauh Tentang Industri Anda

Inti dari networking adalah saling bertukar pengetahuan terkait industri yang sedang dijalani. Menjalani networking secara aktif akan membantu Anda untuk selalu up-to-date dengan tren industri yang selalu berubah atau mengetahui strategi yang populer dilakukan di industri tersebut. Networking juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi atau sumber daya di dalam industri yang tidak dimiliki oleh kompetitor, sehingga Anda dapat lebih unggul dalam persaingan bisnis.

Mendapatkan Bimbingan dari Pakar Bisnis

Berbagai acara bisnis memungkinkan Anda bertemu para pakar dan pemimpin bisnis dengan pengalaman selama bertahun-tahun. Manfaatkan acara ini sebagai wadah untuk menjalin hubungan dengan para ahli tersebut. Anda bisa mendapatkan ilmu berharga terkait cara menjalankan bisnis dan menghadapi tantangan saat berbisnis.

Bagaimana Cara Membangun Networking secara Efektif?

Networking berfokus pada bagaimana membangun dan memperluas koneksi Anda di dunia bisnis. Namun, proses menjalin koneksi ini lebih dari sekedar berbicara dengan orang lain. Untuk membentuk hubungan profesional yang berkualitas dan bermanfaat, Anda akan membutuhkan tips-tips berikut ini untuk melakukan networking secara efektif:

Hadiri Acara Bisnis

Tips pertama untuk menjalin networking secara efektif adalah dengan mengetahui di mana Anda bisa mulai bersosialisasi. Acara bisnis seperti workshop, seminar, konferensi, dan acara lainnya dapat dimanfaatkan untuk bertemu dengan berbagai pelaku bisnis. Anda dapat berpartisipasi dalam diskusi, berbagi ide, serta berkomunikasi aktif untuk membangun hubungan yang berharga. 

Bergabung dengan Organisasi

Organisasi memungkinkan Anda untuk bertemu dan menjalin hubungan yang lebih konsisten. Anda dapat mengikuti organisasi profesional yang berhubungan dengan industri Anda atau kelompok dengan hobi dan minat yang sama. Pertemuan yang diselenggarakan oleh organisasi memberikan peluang untuk menjalin koneksi dengan orang-orang baru.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn banyak digunakan sebagai media networking secara online. Anda dapat membentuk personal branding yang profesional dengan mencantumkan foto formal, deskripsi diri, serta jabatan pekerjaan. Melalui media sosial, Anda dapat mengikuti para pemimpin industri, bergabung dengan kelompok online, serta terlibat dalam diskusi untuk meningkatkan pengetahuan seputar bisnis, pertumbuhan diri, atau hal-hal menarik lainnya.

Buat Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama yang kuat saat pertemuan pertama membuat seseorang lebih mudah diingat. Cara memperkenalkan diri dan berbicara akan berperan penting dalam membentuk kesan pertama. Untuk melakukannya, Anda dapat berpakaian dengan rapi, berbicara dengan percaya diri dan penuh semangat, serta menjadi pendengar yang baik. Perhatikan juga gestur seperti melihat ke mata lawan bicara, tersenyum, dan menjabat tangan dengan kuat.

Tawarkan Nilai Anda

Networking harus didasarkan oleh keuntungan pada kedua belah pihak. Untuk mengembangkan hubungan yang berkualitas, Anda dapat menawarkan keahlian, sumber daya, atau waktu untuk membantu seseorang. Cara ini berperan dalam membangun reputasi yang kuat serta menarik banyak kenalan baru. Anda juga dapat dipandang sebagai sosok yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Kembangkan Hubungan yang Sudah Dibuat

Proses networking tidak berhenti pada mendapatkan kenalan baru saja. Setelah menjalin koneksi baru, langkah berikutnya adalah melanjutkan dan mempertahankan hubungan yang sudah dibuat. Hubungi lagi kenalan Anda secara berkala, seperti menanyakan kabar, mengirimkan ucapan pada hari raya, atau mengundang kenalan ke seminar atau konferensi. Dengan demikian, Anda lebih mudah diingat serta dapat memperkuat hubungan dengan kenalan.

Jadilah Bagian dari Komunitas Bisnis Sukses di Effist Suite Office!

Kunci menjalankan networking yang sukses adalah berkumpul dengan orang-orang yang tepat. Selain menghadiri acara bisnis atau bergabung dengan organisasi, Anda dapat memulai networking di tempat kerja. Effist Suite Office adalah tempat yang sempurna untuk memperluas koneksi melalui fasilitas Shared Desk.

Fasilitas Shared Desk dari Effist Suite Office memungkinkan Anda untuk berbagi area kerja dengan karyawan dari perusahaan lain. Lingkungan kerja ini memberikan kesempatan untuk bertemu dengan para profesional yang memiliki visi dan tujuan yang sama. Fasilitas seperti lounge dan pantry dapat menjadi tempat berbincang dan menemukan koneksi baru. Tidak hanya itu, Effist Suite Office juga berada dekat dengan sarana dan prasarana seperti mall dan restoran untuk mendukung diskusi informal, sehingga proses networking Anda dapat berlangsung lancar.

Mulai rencanakan pertumbuhan bisnis Anda melalui networking bersama Effist Suite Office! Segera hubungi email contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut.

Editor: Cardila Ladini