News and Article

Merancang Kantor Masa Depan Generasi Millennial

Muncul dan berkembangnya berbagai bisnis khususnya di Indonesia menciptakan tingginya kebutuhan terhadap ruang kantor. Namun, ketersediaan lahan yang terbatas berdampak pada luas area ruang perkantoran yang semakin sempit, terutama di daerah perkotaan. Tidak hanya itu, banyak perusahaan mulai mempertanyakan kesiapan untuk kembali mengubah gaya bekerja. Pimpinan perusahaan juga mengalami kebingungan terkait memutuskan sistem bekerja terbaru. Di satu sisi, perusahaan harus menjaga kesehatan setiap karyawannya yang juga sudah mulai terampil bekerja secara remote di tengah wabahCovid-19. Namun, di sisi lain, perusahaan tetap membutuhkan alamat, central hub, dan headquarter kantor. Di sinilah pimpinan perusahaan perlu cermat merancang kantor masa depan dengan memperhitungkan penghuni kantor yang nantinya di dominasi oleh generasi Z atau Gen Z. Oleh karena itu, tidak hanya desain interior ruang kantor yang harus estetis, namun juga harus efisien untuk mendukung aktivitas kerja yang produktif dan tetap menyenangkan.

Kriteria Kantor Masa Depan

Bekerja di lingkungan kantor yang menyenangkan menjadi idaman semua orang, termasuk bagi para kaum millenial yang beberapa tahun ke depan sudah menjadi pekerja profesional. Generasi yang familiar dengan beragam layanan dan juga akses informasi yang cepat ini tentu akan memiliki kriteria tersendiri terkait dengan kantor idaman mereka. Bukan tidak mungkin sebagian besar millenial akan mempertimbangkan kenyamanan mereka ketika bekerja, sehingga bisa dipastikan mereka akan lebih selektif dalam memiliki lingkungan kantor yang akan mereka jadikan sebagai pilihan. Lalu, kantor seperti apa sebenarnya yang akan menjadi pilihan utama bagi generasi millenial ini? Simak beberapa poin berikut ini, yang akan menjadi pertimbangan millenial ketika memilih lingkungan kantor tempat mereka bekerja:

1.      Mengutamakan Kenyamanan Karyawan

Karakteristik yang pertama tentunya tiap karyawan menginginkan lingkungan kantor yang mengedepankan kenyamanan. Menemukan lingkungan kerja yang tepat merupakan hal yang membahagiakan. Hal tersebut juga akan menjadi pertimbangan millenial ketika mencari pekerjaan. Maka dari itu, penting bagi pimpinan perusahaan untuk memperhatikan kenyamanan perusahaan. Contohnya dengan menciptakan suasana kantor yang nyaman. Secara tidak langsung bisa membangkitkan semangat tiap karyawan sehingga mereka bisa memberikan kinerja terbaiknya.

2.      Menerapkan Model Hybrid Working

Jika sebelumnya kebanyakan orang terbiasa dengan jam kantor harian yang tetap, namun kaum millenial justru sebaliknya. Sebagian besar millenial tidak menyukai hari-hari yang monoton, seperti aktivitas masuk kantor pukul 8 pagi dan pulang pada pukul 5 sore. Jam kantor yang seperti ini membuat mereka kurang nyaman dalam bekerja, kebanyakan mereka justru menyukai jam kantor yang lebih fleksibel. Beberapa kantor yang baru seperti startup pada umumnya menerapkan sistem WFH atau WFO yang dilakukan bergantian atau yang kita kenal dengan istilah hybrid working. Sistem hybrid working umum diterapkan dengan menetapkan hari-hari tertentu untuk masuk kantor. Misalnya untuk keperluan rapat, kolaborasi antar tim, kegiatan brainstorming atau mentoring, hingga kegiatan pengembangan diri. Kondisi kantor yang seperti ini membuat millenial akan merasa lebih nyaman dan bebas untuk berkreasi.

3.      Mengintegrasikan Teknologi untuk Kemudahan Komunikasi

Dikenal sebagai generasi yang praktis dan modern, millenial tentu akan menyukai adanya teknologi pendukung yang bisa mereka dapatkan ketika mereka bekerja. Misalnya, teknologi yang di fungsikan sebai media komunikasi antar individu di perusahaan. Mereka dapat berinteraksi dengan mudah dengan perusahaan lain untuk berkolaborasi, dan sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk merancang kantor masa depan dengan berbagai macam fleksibilitas yang akan memanjakan karyawannya.

Dengan perubahan pesat yang dipicu pandemi, kita terpaksa mengkaji ulang bagaimana merancang kantor yang cocok dengan keadaan dan kebutuhan. Dengan merancang kantor masa depan seperti pada kriteria di atas, perusahaan akan lebih mudah mencari karyawan terbaik. Calon karyawan pun akan dengan senang menerima penawaran kerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan saat ini perlu menyediakan kantor yang dibangun menggunakan mindset yang mengarah pada masa depan, yaitu mempertimbangkan kebutuhan karyawan yang beragam dan terus berkembang. Menjawab tantangan tersebut, sewa kantor siap pakai (Serviced Office) merupakan pilihan yang paling praktis, mudah dan hemat. Serviced office dengan segala kemudahannya akan memberi manfaat dari pergeseran menuju kantor masa depan. Untuk itu, Effist Suite Office sebagai penyedia layanan serviced office dirancang menggunakan mindset yang mengarah pada masa depan untuk membantu karyawan Anda lebih fokus terhadap produktivitas, kolaborasi, dan inovasi.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang serviced office, segera hubungi kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon 02129607500.

 

Baca juga: Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Modern Bagi Perusahaan