News and Article

Meningkatkan Employee Well-being di Kantor

Tahukah Anda jika suasana kantor dan tempat kerja yang kondusif dapat secara langsung mempengaruhi employee well-being? Desain dan tata letak ruang kantor yang berkualitas mengarah pada suasana yang nyaman untuk meningkatkan produktivitas. Sehingga, ruang kantor yang berkualitas dapat menghantarkan karya terbaik dalam setiap detail pekerjaannya.  Pasalnya, menurut temuan Fellowes Workplace Wellness Trend Report, sebanyak 87% pekerja menginginkan benefit tempat kerja yang lebih sehat. Baik itu dari tunjangan kebugaran, tempat kerja lapang dan leluasa, makan siang yang sehat, dan tempat duduk ergonomis yang memenuhi standarisasi kantor.

Faktor yang Dapat Meningkatkan Employee Well-being di Kantor

Employee Well-being atau kesejahteraan karyawan adalah kondisi di mana karyawan merasa terpenuhi. Kesejahteraan karyawan merupakan hal yang paling penting dalam lingkup perusahaan. Kesejahteraan pegawai penting untuk meningkatkan produktivitas kerja dan penjualan produk/layanan di perusahaan. Tak hanya itu, kesejahteraan pegawai dapat mempertahankan karyawan berpotensi sehingga dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memahami kesejahteraan pegawai sebagai salah satu cara menjaga aset penting yakni karyawan. Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan employ well-being di kantor, di antaranya sebagai berikut.

1.      Kualitas Lingkungan Kantor yang Baik

Mulai dari udara, air, hingga pencahayaan ruangan kantor, standar penataan ruang kantor secara langsung mempengaruhi employee well-being. Kebijakan larangan merokok, misalnya, sampai dengan pemasangan penyaring udara atau pengatur kelembapan ruangan, dan penambahan tanaman hijau di kantor efektif menciptakan sirkulasi udara yang bersih dan segar. Pencahayaan dapat dibantu dengan skylights yang mendukung pencahayaan alami, dan pengecekan rutin terhadap performa lampu ruangan. Adapun yang tidak kalah penting setelah asupan air adalah tempat kerja ergonomis yang mendukung pergerakan leluasa dan kesehatan karyawan di kantor.

2.      Ketersediaan Ruang Kolaborasi

Sekalipun karyawan butuh ruang kantor yang tenang untuk menyelesaikan tugas tanpa gangguan, kecenderungan ruangan kantor tertutup mengakibatkan perasaan isolasi yang timbul dari batasan komunikasi dan tatap muka antar karyawan. Ruangan rapat dan kantor kolaborasi  memungkinkan karyawan untuk bergerak leluasa dalam penyelesaian tugas tim, semisal melalui penyediaan ruangan kreatif, co-working space, ruang istirahat, bangku dan sofa, tempat duduk pada lobby dan pantry, sehingga mencegah kecenderungan menetap di satu tempat, menghindari rasa isolasi dan keterasingan, meningkatkan employee well-being di kantor secara keseluruhan.

3.      Fasilitas Ruang Kantor yang Memadai

Fasilitas-fasilitas penunjang keperluan kantor efektif mendorong employee well-being. Makanan menjadi bahan bakar harian karyawan untuk mengarungi aktivitas keseharian di kantor, sehingga office-catering dan penyediaan ruang makan dan kantin menjadi opsi bagus untuk mengembalikan nutrisi, energi, fokus, dan produktivitas karyawan. Pegawai kantoran sekarang ini cenderung menjalani gaya hidup pasif, sehingga kebugaran dan kenyamanan karyawan perlu diperhatikan termasuk mendorong pergerakan karyawan di tempat kerja, melalui tangga terbuka, workstation ergonomis, ruang istirahat, ruang olahraga, dan lainnya. Penawaran fleksibilitas yang menyesuaikan di mana dan bagaimana karyawan ingin bekerja juga menjadi tren saat ini.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi employee well-being di kantor yang perlu Anda ketahui. Penting bagi perusahaan untuk memberi lingkungan kerja dengan ruangan yang tepat bagi karyawan untuk bekerja, berpikir, dan berkolaborasi. Hanya melalui desain kantor yang human-centric, kita dapat dengan mudah membuat perubahan positif pada lingkungan fisik kantor, termasuk kesehatan, kinerja, kepuasan, dan kesejahteraan karyawan. Effist Suite Office sebagai perusahaan penyedia layanan office space tentu menjawab kebutuhan Anda terhadap ruang kantor dengan desain human-centric. Dilengkapi fasilitas-fasilitas pendukung operasional kantor, membantu meningkatkan produktivitas dan nilai perusahaan Anda.

 

Untuk lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon 02129607500

 

Baca juga: Pertimbangkan Faktor-faktor Ini Ketika Memilih Serviced Office