News and Article

Mengenal Istilah Hybrid Working dan Kelebihannya

Setelah pandemi Covid-19 berlalu, tren WFH atau Work From Home sepertinya semakin berkembang. Model bekerja di mana saja dan kapan saja kian diterapkan oleh berbagai perusahaan. Hal tersebutlah yang membuat lahirnya istilah baru yaitu hybrid working. Model hybrid working ini juga diprediksi akan semakin populer di beberapa tahun ke depan. Namun, sudahkah Anda mengenal istilah hybrid working dan apa saja kelebihan menerapkan hybrid working bagi tim Anda? Simak penjelasannya secara detail mengenai hybrid working pada artikel berikut ini.

Apa Itu Hybrid Working

Hybrid working merupakan model kerja yang lebih fleksibel di mana karyawan dapat bekerja di berbagai lokasi yang berbeda pada satu waktu. Karyawan bisa bekerja di kantor atau di manapun yang dirasa dapat meningkatkan produktivitas kerjanya. Perusahaan yang menerapkan sistem kerja ini artinya memberikan keleluasaan pada karyawan untuk bekerja secara remote. Perusahaan masih mewajibkan karyawan untuk bekerja di kantor jika ada kegiatan penting yang diperlukan diskusi atau kolaborasi antar tim. Selebihnya, karyawan dibebaskan bekerja secara remote baik dari rumah atau dari manapun. Sebuah studi menyatakan bahwa penerapan sistem hybrid working dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan, kesehatan mental, hingga menurunkan risiko stres kerja dibandingkan dengan karyawan yang 100% bekerja on site.

Kelebihan Hybrid Working

Model hybrid working semakin popular karena memiliki beberapa kelebihan yang bisa menguntungkan baik kepada karyawan maupun perusahaan. Lantas apa saja kelebihan hybrid working, berikut diantaranya.

1.      Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Salah satu kelebihan hybrid working yaitu adalah dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan. Dengan memberikan kebebasan pada karyawan, membuat karyawan akan merasa lebih nyaman saat bekerja. Kebebasan untuk bekerja dari mana saja sesuai kenyamanan karyawan juga membuat karyawan merasa lebih memiliki healthy work-life balance. Meningkatkannya kesejahteraan karyawan juga dapat berpengaruh terhadap meningkatnya produktivitas karyawan, meningkatkan loyalitas, sehingga dapat meningkatkan keuntungan bisnis.

2.      Meningkatkan Popularitas Perusahaan

Kelebihan lainnya yaitu adalah meningkatkan popularitas perusahaan. Tren WFH yang semakin populer walaupun setelah pandemi Covid-19 membuat perusahaan yang menerapkan hybrid working sistem dianggap memiliki citra yang baik. Hal ini juga akan mendorong makin banyak karyawan potensial yang berlomba-lomba untuk melamar ke perusahaan yang menerapkan hybrid working.

3.      Mengurangi Biaya Operasional

Yang terakhir namun tak kalah penting, menerapkan model hybrid working dapat mengurangi biaya operasional perusahaan. Perusahaan dapat mengurangi biaya utilitas seperti biaya listrik, biaya sewa gedung, kebutuhan operasional dan lain sebagainya. Selain itu, karyawan juga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ataupun biaya makan, jika mereka bekerja dari rumah.

Itulah sekilas mengenai hybrid working dan kelebihan menerapkan model bekerja masa depan ini. Setelah mengetahui informasi tentang hybrid working, apakah Anda sudah siap menerapkan model hybrid working ini di perusahaan Anda? Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menerapkan sistem kerja hybrid working salah satunya yaitu adalah kantor.  Ketersediaan kantor virtual atau virtual office sangat berperan penting dalam mendukung sistem kerja secara hybrid. Dengan menggunakan layanan virtual office, Anda akan dapat menjalankan bisnis dengan lebih profesional.

Melihat peluang ini, Effist Suite Office membaca dan memahami kebutuhan akan virtual office yang kian diminati oleh kalangan pebisnis masa kini. Oleh karena itu, Effist memberi solusi dengan menyediakan kantor yang bergengsi dengan biaya terjangkau. Effist Suite Office sendiri merupakan penyedia layanan ruang kantor di Indonesia khususnya di Jakarta Selatan. Effist bertujuan untuk memberi solusi terbaik bagi para pebisnis pemula maupun yang sudah berkembang dalam penyediaan berbagai kebutuhan ruang kantor seperti virtual office dan serviced office. Bahkan, Effist Suite Office telah mendapatkan banyak kepercayaan dari berbagai klien dari berbagai industri.

 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Anda dapat terhubung dengan kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon 02129607500

 

Baca Juga: Ini Dia, Tren Desain Kantor di Tahun 2023