News and Article

Bosan dengan Suasana Meeting di Kantor? Coba Lunch Meeting

Jika Anda merasa bosan dengan suasana meeting di kantor dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda, mungkin lunch meeting bisa menjadi solusi yang menyegarkan. Lunch meeting adalah konsep rapat yang dilakukan sambil menikmati makan siang bersama. Tetapi, bagaimana cara memilih tempat yang sesuai untuk lunch meeting agar suasana tetap profesional dan efektif? Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang lunch meeting, mulai dari pengertian hingga tips memilih venue yang tepat. Temukan cara untuk membuat meeting di luar kantor menjadi pengalaman yang produktif dan menyenangkan.

Apa itu Lunch Meeting?

Lunch meeting adalah konsep pertemuan bisnis yang dilakukan sambil menikmati makan siang bersama. Ini merupakan alternatif yang menyegarkan dari suasana meeting di dalam kantor, memberikan nuansa yang lebih santai dan informal. Selama pertemuan bisnis ini, para peserta dapat berdiskusi tentang proyek, strategi, atau topik bisnis lainnya sambil menikmati hidangan makan siang. Keuntungan dari lunch meeting termasuk terciptanya suasana yang lebih santai, memungkinkan kolaborasi yang lebih kreatif, dan memberikan waktu untuk relaksasi, yang dapat meningkatkan produktivitas. Meskipun informal, penting untuk menjaga profesionalitas dalam pertemuan ini agar tujuan bisnis tetap tercapai.

Apakah Lunch Meeting di Luar Kantor Lebih Efektif daripada di Dalam Kantor?

Lunch meeting di luar kantor atau di dalam kantor, mana yang lebih efektif? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak banyak pekerja. Beberapa orang berpendapat bahwa, lunch meeting di luar kantor sering dianggap lebih efektif dibandingkan pertemuan bisnis yang dilakukan di dalam kantor. Kelebihan utamanya adalah suasana yang lebih santai dan terbuka, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk ide-ide kreatif dan kolaborasi yang lebih intens.

Meeting yang dilakukan di luar kantor dapat meredakan kejenuhan dan meningkatkan motivasi tim. Selain itu, perubahan lingkungan membantu memecah pola pikir yang kaku dan membuka peluang untuk pembicaraan yang lebih personal. Namun, efektivitasnya juga tergantung pada pemilihan venue yang tepat dan kemampuan menjaga fokus pada tujuan rapat, sehingga tetap diperlukan profesionalisme dalam suasana yang lebih santai. 

Bagaimana Cara Memilih Venue yang Sesuai untuk Lunch Meeting?

Memilih venue yang sesuai untuk lunch meeting menjadi langkah penting untuk memastikan pertemuan berjalan lancar dan efektif. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih venue yang tepat:

Lokasi yang Strategis

Pastikan venue berlokasi strategis dan mudah diakses oleh semua peserta. Pilihlah tempat yang tidak terlalu jauh dari kantor atau lokasi pertemuan lainnya agar memudahkan transportasi.

Kapasitas Ruangan

Sesuaikan kapasitas ruangan dengan jumlah peserta yang diundang. Pastikan ruangannya cukup luas agar semua peserta dapat duduk dengan nyaman dan ruang gerak tetap terjaga.

Atmosfer yang Nyaman

Pilih venue dengan atmosfer yang nyaman dan mendukung suasana pertemuan yang produktif. Hindari tempat yang terlalu bising atau terlalu formal, kecuali jika pertemuan membutuhkan suasana tersebut.

Menu Makanan yang Variatif

Pastikan venue menyediakan menu makanan yang bervariasi dan sesuai dengan selera semua peserta. Berikan opsi makanan untuk berbagai preferensi diet, seperti vegetarian, vegan, atau pilihan makanan khusus lainnya.

Fasilitas yang Memadai

Pastikan venue dilengkapi dengan fasilitas fasilitas pendukung yang memadai seperti proyektor, layar, dan koneksi internet yang stabil jika diperlukan untuk presentasi.

Pelayanan yang Profesional

Pastikan pelayanan dari staf venue profesional dan ramah. Layanan yang baik dapat membantu mengatasi berbagai masalah atau permintaan selama pertemuan.

Harga yang Sesuai

Sesuaikan budget yang dimiliki dengan harga venue. Pastikan bahwa biaya yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan.

Pilihan Waktu yang Tepat

Keputusan untuk mengadakan lunch meeting pada jam berapa bisa mempengaruhi produktivitas dan kenyamanan para peserta. Maka dari itu, pilih waktu pertemuan yang sesuai dengan jadwal peserta dan tidak terlalu terburu-buru. Pastikan ada cukup waktu untuk makan dengan nyaman dan melakukan diskusi tanpa terburu-buru.

Pertimbangkan Kebutuhan Khusus

Jika ada peserta yang memiliki kebutuhan khusus, seperti aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, pastikan venue dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Reservasi Terlebih Dahulu

Agar tidak kehabisan tempat, lakukan reservasi venue dengan waktu yang cukup jauh sebelum tanggal pertemuan .

Rasakan Nuansa Meeting yang Berbeda di Effist Suite Office! 

Itulah beberapa tips dalam memilih venue yang dapat membawa pengalaman lunch meeting Anda lebih efektif. Jika Anda mencari tempat yang tidak hanya memenuhi kriteria tersebut tetapi juga memberikan pengalaman meeting yang berbeda dan produktif, Effist Suite Office adalah pilihan yang sempurna. Effist Suite Office menawarkan meeting room eksklusif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan rapat Anda. Lokasi yang strategis dan layanan yang lengkap membuatnya menjadi tempat ideal untuk menyelenggarakan lunch meeting, terutama di kawasan Jakarta Selatan, dengan suasana yang produktif dan menyenangkan. Jadikan lunch meeting Anda lebih produktif dan menyenangkan dengan mencoba nuansa berbeda di Effist Suite Office!

Tunggu apa lagi! Jadwalkan kunjungan survei dengan mengisi form pada book tour atau hubungi kami melalui email di contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut.

Editor: Cardila Ladini