News and Article

4 Kunci Utama Penataan Ruang Rapat yang Nyaman untuk Meningkatkan Kesuksesan Meeting

Kesuksesan sebuah pertemuan bisnis tak hanya diukur dari apa yang menjadi topik pembicaraan selama meeting ataupun peserta yang hadir dalam meeting tersebut, tapi juga penataan ruang rapat itu sendiri. Agar meeting bisa berjalan efektif, pastinya Anda harus mempertimbangkan tujuan dari meeting itu sendiri, lalu kemudian menentukan desain dan penataan ruang rapat yang sesuai untuk menciptakan atmosfer yang mendukung jalannya meeting. Suasana ruang rapat yang nyaman tentu akan meningkatkan kesuksesan jalannya meeting. Jika ingin mewujudkan ruang rapat yang nyaman, perhatikan 4 kunci utama penataan ruang rapat berikut ini:

1.      Menggunakan Furniture Bergaya Modern

Furniture bergaya modern di ruang rapat akan mendukung kenyamanan para peserta rapat. Sehingga, konsentrasi selama rapat akan terjaga dengan baik jika tubuh merasa nyaman. Rasakan pengalaman rapat yang lebih menyenangkan dan efektif jika ruang rapat didesain dengan baik. Walaupun Anda harus berlama-lama di ruang rapat, Anda tak akan mudah bosan.

2.      Pemilihan Pola Tata Ruang Yang  Praktis

Pola tata ruang rapat yang umumnya digunakan adalah model teater, model kelas, model U, dan model melingkar. Model teater diwujudkan dengan menyusun kursi menuju satu titik fokus yang sama, persis seperti di bioskop. Sedangkan, tata ruang model kelas hampir sama dengan teater namun dengan tambahan meja kerja untuk setiap dua hingga tiga kursi. Untuk mempermudah interaksi antar peserta rapat, model U dan model melingkar lebih efektif digunakan. Peserta rapat bebas menyaksikan presentasi maupun dapat berinteraksi satu sama lain melalui kedua pola tata ruang tersebut.

3.      Menggunakan Perangkat Teknologi Canggih

Perangkat teknologi canggih seperti sistem audio, proyektor, dan layar memang sangat penting untuk menunjang kelancaran suatu rapat. Bahkan penggunaan perangkat teknologi canggih juga membuat Anda lebih percaya diri ketika harus presentasi di hadapan klien bisnis.

4.      Mengatur Tingkat Pencahayaan Secara Keseluruhan

Pencahayaan yang baik diperlukan untuk ruang rapat yang tertutup atau tidak memiliki jendela. Dengan mengatur pencahayaan ruang yang tepat, akan mampu mendorong semangat para peserta rapat. Bila ruang rapat memiliki cukup banyak jendela, sebaiknya diberikan gorden blinds agar dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Anda juga dapat mematikan lampu atau meredupkan cahaya ruang rapat saat presentasi dilaksanakan. Dengan meredupkan lampu ruangan, mampu membuat para peserta yang mengikuti meeting menjadi lebih fokus terhadap bahan yang di presentasikan.

Itulah penjelasan 4 kunci utama penataan ruang rapat yang nyaman untuk meningkatkan kesuksesan meeting Anda.  Pastinya klien perusahaan yang datang, memperoleh kesan yang baik dan menyenangkan agar dapat memperoleh kesepakatan yang diharapkan bersama. Maka dari itu sebaiknya kondisi ruang rapat yang akan di gunakan memiliki penataan sebaik mungkin. Effist Suite Office sebagai penyedia layanan Meeting Room akan memaksimalkan penataan ruang rapat yang sesuai agar mendukung jalannya meeting Anda. Effist sebagai salah satu unit bisnis dari MitraComm Ekasarana akan menyesuaikan kapasitas kebutuhan Anda dengan memberikan fasilitas terbaik untuk Anda.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Meeting Room.