News and Article

5 Tips Optimalkan Kepuasan Karyawan untuk Kemajuan Bisnis

Kepuasan karyawan turut menjadi faktor penting dalam mendukung kesuksesan perusahaan. Ketika merasa dihargai dan didukung, karyawan akan lebih bersemangat, berkomitmen, dan berkontribusi secara positif terhadap tujuan perusahaan. Misalnya, dedikasi karyawan memungkinkan proses pelayanan pelanggan yang berkualitas, sehingga berperan dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan. Maka dari itu, memperhatikan kepuasan karyawan adalah aspek yang tidak boleh dilupakan.

Namun, mencapai tingkat kepuasan kerja yang optimal tidaklah mudah. Perusahaan harus melihat lebih dari sekadar gaji dan tunjangan, melainkan juga budaya perusahaan yang inklusif, lingkungan kerja yang mendukung, hingga pengembangan karir yang jelas. Pahami lebih lanjut tentang apa itu kepuasan karyawan serta tips ampuh untuk meningkatkannya!

Apa yang Dimaksud dengan Kepuasan Karyawan?

Kepuasan karyawan atau employee satisfaction adalah tingkat kepuasan atau kesejahteraan karyawan terhadap pekerjaannya. Seorang karyawan merasa puas karena kebutuhannya selama bekerja telah terpenuhi, seperti lingkungan kerja yang nyaman, jenjang karir yang baik, hingga gaji yang memadai. Kondisi ini akan mendorong karyawan untuk lebih produktif dan berkomitmen dalam mencapai tujuan perusahaan. 

Sebaliknya, karyawan dapat merasa tidak puas karena alasan seperti gaji di bawah standar, beban kerja berlebihan, hingga lingkungan kerja yang buruk. Hal ini akan berdampak pada menurunnya efisiensi kerja. Maka dari itu, memprioritaskan kesejahteraan karyawan sama pentingnya dengan mengutamakan kebahagiaan pelanggan.

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Kepuasan Karyawan?

Beberapa faktor berikut ini mempengaruhi tingkat kepuasan karyawan terhadap pekerjaan maupun perusahaan, seperti:

  • Gaji: Gaji sering menjadi motivasi utama karyawan saat bekerja. Gaji karyawan haruslah sepadan dengan posisi, nominal upah minimum regional (UMR), serta beban kerja yang diberikan.
  • Promosi: Perkembangan karir merupakan proses pengembangan diri karyawan secara profesional. Perkembangan karir melalui promosi memberikan tanggung jawab yang lebih besar diikuti dengan kompensasi yang lebih tinggi.
  • Tunjangan: Tunjangan adalah segala kompensasi tambahan yang ditawarkan perusahaan kepada karyawan di luar gaji. Contohnya adalah tunjangan kesehatan, THR, kompensasi pensiun, tunjangan keluarga, dan sebagainya.
  • Pengawasan: Karyawan membutuhkan pengawasan untuk memastikan performa kerja yang optimal serta mengembangkan kompetensi kerja. Pengawasan perlu dilakukan secara sehat, yaitu dengan tidak terlalu mengontrol (micromanaging) atau terlalu melepas karyawan.
  • Hubungan Antar Karyawan: Memiliki hubungan yang positif antar rekan kerja berperan penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan mendukung produktivitas. 
  • Kondisi Lingkungan Kerja: Lingkungan fisik kantor dapat mencakup fasilitas kantor hingga interior kantor yang berperan dalam menciptakan suasana nyaman selama bekerja. 
  • Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Kerja: Work-life balance atau menjaga keseimbangan kehidupan pribadi dan kerja adalah aspek penting untuk menciptakan kesejahteraan karyawan. Contoh penerapannya adalah karyawan tidak boleh diganggu terkait pekerjaan di luar jam kerja yang sudah ditetapkan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan?

Kepuasan karyawan merupakan hasil dari pengaturan ruang kerja yang teratur dan memperhatikan kondisi karyawan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan selama bekerja adalah:

Berikan Kompensasi dan Tunjangan yang Sepadan

Kompensasi dan tunjangan yang memadai merupakan penggerak utama karyawan untuk bekerja lebih produktif dan inovatif. Kedua aspek ini merupakan cara perusahaan menghargai karyawan atas kinerja yang telah dilakukan. Tidak jarang karyawan kehilangan motivasi bekerja karena kompensasi dan tunjangan yang kurang memadai dibandingkan beban kerja mereka. Di luar gaji pokok, kompensasi dan tunjangan dapat berupa asuransi kesehatan, THR, tunjangan kendaraan, tunjangan tempat tinggal, dan sebagainya. 

Libatkan Karyawan dalam Pengambilan Keputusan

Mendengarkan masukan karyawan saat mengambil keputusan penting adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan karyawan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, terlebih jika keputusan tersebut berkaitan erat dengan operasional bisnis karyawan sehari-hari. Melibatkan dan mendengarkan masukan karyawan juga menunjukkan budaya perusahaan yang terbuka. Langkah ini membuat karyawan merasa dipercaya dan dihargai, sehingga mendorong kepuasan terhadap tempat kerjanya.

Ciptakan Budaya Transparansi dan Feedback

Menciptakan alur komunikasi internal yang efektif bermanfaat untuk mendorong efisiensi kerja sehari-hari. Hasilnya, karyawan akan merasa puas dan termotivasi untuk bekerja. Komunikasi internal yang efektif mencakup komunikasi yang transparan serta aktif bertukar feedback. Komunikasi yang jelas dan transparan mempercepat pengambilan keputusan dan mengurangi rasa frustasi saat bekerja. Sementara budaya bertukar feedback dapat menjadi wadah bagi karyawan untuk meningkatkan kompetensi diri selama bekerja.

Berikan Kesempatan untuk Pengembangan Karir

Salah satu faktor yang mendorong motivasi karyawan selama bekerja adalah adanya kesempatan untuk mengembangkan diri secara profesional. Pengembangan karir memungkinkan karyawan untuk meningkatkan kompetensi, mempelajari kemampuan baru, serta menemukan tujuan bekerja. Pengembangan diri secara profesional juga membantu karyawan untuk lebih percaya diri dalam mengeksplor hal-hal baru. 

Buat Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Sehat

Lingkungan kerja yang nyaman dan sehat mempengaruhi kondisi karyawan selama bekerja. Tidak hanya sebatas interior dan fasilitas kantor, lingkungan kerja  juga mencakup hubungan dengan atasan maupun sesama karyawan. Misalnya, perusahaan dapat menciptakan ruang kantor dengan pencahayaan alami yang cukup, sirkulasi udara yang baik, serta suhu yang nyaman untuk memfasilitasi kinerja karyawan. Hubungan yang suportif dengan atasan atau sesama karyawan juga sangat penting untuk menunjang kesejahteraan selama bekerja.

Bagaimana Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan?

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan karyawan, seperti:

Survei Kepuasan Karyawan

Cara pertama untuk mengukur tingkat kepuasan kerja karyawan adalah menyebarkan survei terkait kepuasan karyawan. Survei dapat dilakukan secara anonim untuk memastikan kejujuran karyawan terkait kondisi kerja saat ini. Isi survei dapat berupa pertanyaan dengan skala angka atau pilihan ganda untuk mempermudah pelaksanaan survei. Anda juga dapat memasukkan pertanyaan terbuka untuk membebaskan karyawan dalam menyampaikan kepuasan selama bekerja.

1-on-1 Meeting

Cara lainnya untuk mengukur tingkat kepuasan karyawan adalah melalui 1-on-1 meeting, yaitu diskusi antara dua individu. Umumnya, dua individu ini adalah atasan seperti manajer serta bawahannya. Melalui 1-on-1 meeting, manajer dapat menanyakan kepuasan karyawan selama bekerja serta masalah apa yang sedang dihadapi. Pembicaraan lainnya dalam 1-on-1 meeting dapat mencakup perkembangan karir, target selama bekerja, hingga masukan kepada atau dari karyawan.

Employee Net Promoter Score (eNPS)

Employee Net Promoter Score (eNPS) adalah metode yang digunakan untuk mengukur kepuasan dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Metode dilakukan dengan menanyakan sejauh mana karyawan akan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain. Hasil eNPS dapat berkisar antara -100 hingga 100. Tingginya angka eNPS menunjukkan kepuasan terhadap perusahaan, sehingga karyawan bersedia merekomendasikan perusahaan sebagai tempat kerja yang baik kepada orang lain.

Ciptakan Lingkungan Kerja Impian Untuk Karyawan Anda di Effist Suite Office!

Memprioritaskan kepuasan karyawan merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Dengan memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan karyawan, perusahaan tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang produktif, tetapi juga membangun pondasi yang kokoh untuk pertumbuhan jangka panjang. 

Menyediakan lingkungan kantor yang nyaman untuk karyawan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan karyawan. Dalam hal ini, Effist Suite Office dengan layanan serviced office dapat menjadi solusi terbaik dalam menciptakan ruang kantor profesional yang mendukung produktivitas sehari-hari. Effist Suite Office dilengkapi  dengan fasilitas modern dan profesional untuk memastikan karyawan Anda merasa puas dan bahagia saat bekerja. Selain ruang kantor modern, karyawan Anda juga dapat menikmati ruang meeting, pantry, dan lounge untuk menunjang kesejahteraan selama bekerja.

Jadikan Effist Suite Office sebagai jawaban untuk menyediakan ruang kerja yang nyaman dan impian bagi karyawan Anda. Hubungi kami melalui email contact@effist.com untuk informasi lebih lanjut seputar serviced office.

Editor: Cardila Ladini