News and Article

4 Cara Meningkatkan Produktivitas Teamwork

Dalam dunia kerja, seorang pemimpin memiliki tanggung jawab besar untuk membentuk teamwork yang efektif. Hubungan yang baik dalam sebuah teamwork juga sangat penting demi kekompakan dalam melakukan dan mencapai hasil pekerjaan yang sesuai dengan target. Namun, proses membentuk teamwork yang efektif bukanlah sesuatu yang mudah dan instan tetapi menuntut banyak upaya pemimpin tim itu sendiri. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para pemimpin untuk meningkatkan produktivitas teamwork mereka.

Pemimpin yang Hebat Membentuk Teamwork yang Hebat

Produktivitas dalam sebuah tim tidak terjadi begitu saja karena terdapat peran pemimpin yang hebat di sana.  Umumnya, setiap individu di dalam tim tentunya mempunyai cara, personality dan kemampuan yang berbeda-beda. Maka dari itu, perlu adanya suatu usaha untuk menyatukan semua perbedaan tersebut. Di sinilah peran pemimpin tim sangat diperlukan untuk menyatukan semua perbedaan agar dapat berjalan baik sehingga meningkatkan produktivitas teamwork.

Tips Meningkatkan Produktivitas Teamwork Anda Secara Efektif

Untuk memimpin teamwork secara efektif, Anda harus terlebih dahulu membangun hubungan yang baik terhadap setiap anggota tim. Pasalnya, menjadi bagian dalam teamwork yang bekerja dengan harmonis merupakan impian banyak karyawan. Memiliki teamwork yang harmonis akan berpengaruh pada produktivitas kerja tiap anggota tim. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan produktivitas teamwork Anda secara maksimal berikut beberapa tips yang telah kami rangkum.

1.      Gunakan Pendekatan Coaching untuk Tingkatkan Performa tim

Ada banyak cara meningkatkan produktivitas teamwork asalkan dengan metode yang tepat. Namun, sering kali profesional lupa mencari akar masalah yang perlu diselesaikan. Alhasil, tidak ada perubahan yang tampak. Coaching bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh para leader seputar performa tim. Coaching adalah proses perkembangan di mana seorang Coach berperan untuk mendukung, mendorong, dan memberdayakan Coachee (orang yang mendapat bimbingan) untuk mencapai tujuan spesifik. Tujuan coaching dalam teamwork yaitu untuk mendukung anggota tim demi membantu mereka dalam meraih tujuan profesional tertentu. Melalui teknik coaching, beberapa manfaat yang diperoleh yaitu seperti meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kerja tim, meningkatkan kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan kemampuan anggota tim dalam menyelesaikan masalah dan meningkatkan keyakinan bahwa tujuan dapat dicapai.

2.      Kerah kan Fokus Tim Pada Satu Tujuan yang Sama

Selanjutnya, setiap anggota tim harus mengerti tujuan dan misi tim itu sendiri. Sebagai manajer atau pemimpin, Anda harus dapat memastikan bahwa seluruh anggota tim memahami visi, misi dan tujuan dibentuknya tim tersebut. Maka dari itu Anda harus menkomunikasikan tujuan serta visi misi Perusahaan untuk tim Anda. Dengan fokus yang sama, akan meningkatkan produktivitas teamwork dan gerak kerja akan selaras demi tujuan yang ingin diraih bersama.

3.      Rutin Lakukan Komunikasi yang Efektif Bersama Tim

Dalam teamwork, komunikasi sangatlah penting sebab komunikasi merupakan jembatan penghubung antara pemimpin dengan anggota tim. Atau bahkan antara anggota tim yang satu dengan anggota lainnya. Komunikasi yang terarah dan jelas akan membantu semua anggota tim Anda untuk mengetahui target, tujuan, tugas, prosedur, dan tanggung jawab masing-masing. Hal tersebut akan berpengaruh pada meningkatnya produktivitas teamwork Anda.

4.      Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Di tahap terakhir dalam meningkatkan produktivitas teamwork adalah dengan mengevaluasi secara rutin. Bagi pemimpin tim yang selalu ingin berkembang dan maju diperlukan kegiatan evaluasi secara berkala untuk menganalisa hambatan apa saja yang terjadi. Manfaat lainnya dari melakukan evaluasi adalah memperoleh masukan untuk merumuskan strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hambatan yang ada tersebut.

Nah itu dia uraian mengenai cara meningkatkan produktivitas teamwork secara efektif. Kesimpulannya, meningkatkan produktivitas teamwork akan lebih mudah tercapai jika Anda sering melakukan meeting bersama tim Anda, akan lebih baik jika Anda mencoba melakukan meeting di luar kantor. Oleh karena itu, penting untuk menemukan meeting room yang tepat untuk tim Anda. Mulai dari tata ruang, fasilitas, hingga perlengkapan yang dapat menunjang jalannya meeting Anda bersama tim. Semuanya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan melalui layanan meeting room Effist Suite Office.

 

Hubungi kami melalui email contact@effist.com atau nomor telepon (021) 296 07500 untuk mendapatkan informasi secara detail mengenai layanan meeting room Effist Suite Office.

 

Baca juga: 5 Tahap Pengembangan Tim Secara Efektif